3 Jenis Tanaman Sayuran Yang Paling Gampang Ditanam Untuk Pemula

Di Tanaman Tani 85 views

Jika saat ini kamu sedang hobi bertani atau ada yang bercita-cita untuk menjadi petani sayuran. Pastinya kamu ingin mencoba beberapa tanaman sayuran untuk mulai bertani. Memang untuk menjadi petani itu tidak selalu mudah, ada juga petani yang susah untuk menanam sayuran mereka.

Namun begitu jangan pernah patah semangat untuk menjadi petani, karena di indonesia sendiri banyak sekali tanah yang subur dan sedikit minat dari generasi untuk menjadi petani.

Padahal menjadi petani untuk saat ini bisa di bilang sudah bisa berpenghasilan, asalkan semua jalur pemasarannya di kuasa oleh petani itu sendiri.

Beberapa tanaman sayur mayur yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini diantaranya adalah tanaman sayur yang paling gampang sekali tumbuh, sehingga tidak terlalu beresiko untuk petani yang baru terjun ke dunia tani.

Tanaman Sayuran Yang Menguntungkan 

1. Singkong / Ubi Kayu

Tanaman ini memang terkenal dengan mudah untuk di rawat, bahkan ketika batang singkong sudah menancap ke tanah. Maka di biarkan saja sampai tumbuh sendiri tanpa perlu di siram dan di beri pupuk.

Untuk Pasaran singkong sendiri saat ini memang banyak peminatnya. Apalagi di kota-kota besar, banyak sekali makanan jenis olahan singkong yang di gemari dan harganya mahal.

Sehingga pengusaha makananpun sangat membutuhkan singkong untuk di jadikan bahan baku utama mereka. Harga singkong per kilo di pasaran bisa mencapai 5000 rupiah dan untuk kelas menengah keatas mencapai harga 7000rupiah per kilonya.

Tak hanya singkongnya saja, daun singkong yang biasa di sayurpun untuk saat ini sudah ada harganya. Biasanya di harga 3000 per ikatnya di pasar tradisional. Tentunya ini bisa menjadi peluang usaha untuk generasi muda yang baru saja menjajaki dunia pertanian.

2. Bertani Cabai

Cabai bisa di bilang masuk dalam kategori komoditas serta bahan pokok sebagian mesar masyarakat kita. Karena segala menu masakan nusantara kita memakai bahan baku cabai untuk penyedap rasanya.

Cabai sendiri adalah tanaman yang bisa di olah untuk sayur ataupun sambal. Sehingga cabai sangat cocok untuk menjadi awal penanaman bagi petani yang masih pemula.

Untuk penanaman cabai sendiri tidaklah terlalu sulit. Cukup menebar bibit ataupun bijinya kemudian di kasih pupuk dan juga asupan air secukupnya. Maka cabai akan berbuah lebat.

Untuk harga cabai di pasaran saat ini bisa mencapai 30rb s/d 70rb per kilonya. Bahkan setiap awal tahun harga cabai relatif naik hingga 120rb per kilonya.

Tentunya ini menjadi salah satu peluang petani muda untuk bertani cabai. Karena harga di pasarannya lumayan tinggi.

3. Bertani Terong

Terong menjadi salah satu buah atau sayuran yang banyak peminatnya di pasaran. Untuk berani terong tidaklah terlalu sulit. Karena tumbuhan terong sendiri tidak terlalu manja seperti tanaman lainnya.

Kamu hanya perlu menanam bibit terong di tanah yang sudah di berikan pupuk kandang, kemudian di biarkan saja sampai tumbuh sekitar 10cm. Setelah tumbuh sekitar 10cm maka siramlah terong setiap pagi dan sore.

Pastinya terong akan berbuah dengan cepat. Untuk masa panen terong sendiri menang tidak terlalu lama. Biasanya penan terong bisa di petik pada minggu ketiga.

Sehingga petani bisa menikmati hasil panen yang maksimal tanpa harus takut rugi.

Untuk pasaran harga terong di pasaran saat ini bisa mencapai harga 35rb per kilonya. Tentunya ini bisa menjadi peluang untuk meraup keuntungan yang lumayan untuk para petani.

Tags: #bertani cabai #bertani gampang #bertani sayuran #bertani singkong #bertani terong #harga petani cabai #harga petani singkong #harga petani terong #petani pemula #tanaman gampang

Untung Besar! Menanam Pepaya California Agar Berbuah Lebat
Menanam Pepaya California Agar Berbuah Lebat –
Cara Mudah Menanam Kopi dari Biji Hingga Tumbuh Subur
Tanaman kopi adalah tanaman biji-bijian yang memiliki
5 Teknik Budidaya Bawang Dayak Dalam Polybag, Anti Gagal!
5 Teknik Budidaya Bawang Dayak Dalam Polybag, Anti Gagal!
Teknik Budidaya Bawang Dayak Dalam Polybag –
Cara Budidaya Tanaman Umbi Porang Yang Menguntungkan
Cara Budidaya Tanaman Umbi Porang Yang Menguntungkan
Tanaman porang, sebenarnya adalah tanaman jenis umbi-ubian

Tinggalkan pesan "3 Jenis Tanaman Sayuran Yang Paling Gampang Ditanam Untuk Pemula"


Top