5 Penyebab & Solsusi Sikring Kendaraan Yang Sering Putus

Di Komponen Otomotif 40 views

Sekring atau Fuse adalah salah satu komponen kecil yang terdapat pada kendaraan. Fungsi dari sekring itu sendiri untuk me-management sekaligus untuk mengamankan jalur pendek arus listrik apabila terjadi suatu muatan yang melebihi kapasitasnya maka sekring tersebut akan putus dengan sendirinya.

Seberapa pentingkan kegunaan sikring pada kendaraan?

Jawabannya: Penting sekali, jika tidak ada sikring sebagai fuse, maka jika terjadi konsleliting listrik kabel kendaraan akan meleleh dan seketika akan terbakar.

Beberapa kendaraan yang sudah berumur biasanya banyak di temukan sikring yang sudah mulai korosi pada bagian dalamnya. Lakukan pergantian sikring secara berkala agar kelistrikan kendaraan anda tidak mendadak mati di jalan tentunya mobil akan mogok pada waktu yang tidak bisa di prediksi.

Beberapa hal yang menyebabkan sikring kendaraan sering rusak dan putus:

 

1. Kelebihan Beban Listrik

Faktor kelebihan beban listrik pada arus pendek yang di manage oleh sekring adalah salah satu masalah penyebab sekring sering putus dan rusak. Bahkan hal yang paling fatal sekring bisa terbakar dengan rumah-rumahnya sehingga sekring akan lengket dan susah untuk di cabut.

Untuk mengatasi hal ini anda bisa mengganti sekring dengan voltase yang lebih besar, misal sekring yang putus dan terbakar tersebut menggunakan sekring dengan 15V maka ganti dengan yang lebih besar menggunakan sekring 25V. Namun sebelum anda mengganti sekring yang lebih besar ada baiknya perhatikan kualitas kabel, jika kabel terlalu kecil jangan di paksa menggunakan sekring yang lebih besar akibatnya kabel akan meleleh dan terbakar.

2. Konsleting Kabel

Konsleting kabel adalah hal yang sangat berbahaya untuk kendaraan apapun. Biasanya jika kabel kendaraan konslet maka sekring juga ikut putus. Hal ini dikarenakan arus listrik yang masuk ke jalur sekring “ngaco” dan tidak stabil maka di saat itu sekring akan cepat putus dan rusak.

Untuk mengatasinya silakan cek konsleting kabel yang di lalui jalur skring tersebut. Untuk mengecek kabel perlu keahlian khusus agar hasilnya pun maksimal, jangan coba-coba memperbaiki kabel yang konslet jika anda belum berpengalaman.

3. Kualitas Dan Ketebalan

Terkadang karena harga yang murah orang mengesampingkan kualitas dan keselamatan untuk dirinya sendiri. Untuk memilih sekring kendaraan pastikan kondisi fisik sekring tersebut tidak terlalu kecil dan tipis. Contoh sekring yang terlalu kecil jika di pasang di dalam box sekring maka sekring tersebut tidak pas alias longgar.

4. Kesalahan Penyambungan Kabel

Kesalahan penyambungkan kabel bisa menyebabkan sikring panas dan kabel juga meleleh. Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang tidak mengerti skema kelistrikan kendaraan.

Setiap kendaraan memiliki karakteristik kelistrik yang berbeda-beda. Jadi untuk masalah kelistrikan haruslah di pelajari dengan teliti agar tidak salah pasang kabel yang membuat jalur konslet.

Kesalahan memasang kabel memang hal yang sangat fatal dan sering terjadi pada kendaraan yang kelistrikannya bermasalah. Usahakan untuk masalah kabel pada kendaraan yang bermasalah di tangani dengan spesialis kabel yang sudah mengetahui jalurnya agar tidak terjadi kebakaran dan sikring cepat putus.

5. Terlalu Banyak Jumper Kabel

Mobil-mobil jaman sekarang yang sudah memakai sensor pada mesinnya, jangan sekali-kali menjumper kabel yang tidak berguna. Jika ingin menambahkan aksesioris yang berkaitan dengan kelistrikan, usahakan mencari tukang kelistrikan yang sudah berpengelaman agar tidak terjadi konsleting pada saat menjumper kabel.

Hati-hati dengan skring yang terlalu kecil dan tipis karena bisa mempengaruhi arus listrik dan bisa membuat mobil anda terbakar seketika.

Ok guys segitu dulu sharing kita mengenai Tips Mengatasi Sekring Kendaraan Yang Sering Putus semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda. (Done)

Tags: #belajar kelistrikan #jalur kelistrikan #kebel konslet #kelistrikan ECU #kelistrikan ford laser #kelistrikan mobil #kelistrikan motor #kelistrikan sensor #masalah kelistrikan #sikring #sikring konslet #sikring meleleh #sikring panas #sikring putus #sikring terbakar #tutorial kelistrikan

Haruskah Kita Memanaskan Mesin Mobil Sebelum Mengendarainya?
Haruskah Anda memanaskan mobil sebelum mengendarainya? Ini
Penyebab Mesin Sudah Hidup Karena Karburator Sering Banjir
Karburator adalah salah satu jantung yang terdapat
Ini Dia Penyebab Nap Roda Charade Goyang / Oblak
Punya mobil charade tua? atau baru aja
Waspada! Ini Dia Penyebab Radiator Mobil Bocor
Radiator adalah salah satu komponen penting yang

Tinggalkan pesan "5 Penyebab & Solsusi Sikring Kendaraan Yang Sering Putus"


Top