7 Tips Menanam Sawi Hijau Agar Subur dan Gemuk

Di Tanaman Tani 114 views

Siapa yang tak kenal dengan sayuran yang satu ini, sayuran sawi hijau yang biasa diolah menjadi tumis, toping mie ayam dan juga sayuran pada bakso.

Sawi hijau yang kaya akan manfaat memang banyak kegunaannya. Sehingga sawi hijau bisa di bilang salah satu sayuran yang laris di pasaran.

Untuk menanam sawi hijau sendiri mamang gampang-gampang susah, namun sudah banyak yang berhasil dengan teknik hydroponik. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas tips menanam sawi hijau di tanah.

Berikut beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum memulai untuk menanam sawi hijau agar batang dan daunnya gemuk.

Persiapan Menananam Bibit Sawi Hijau

1. Lahan Untuk Menanam Sawi Hijau

Lahan untuk menanam sawi hijau memang tidak perlu 100% tanah. Kamu bisa menggunakan pot jika lahan tersebut tidak memungkinkan untuk di tanami tanaman.

Namun jika tanah yang saat ini kamu miliki memang untuk di jadikan lahan pertanian hal tersebut tidak masalah jika di tanami dengan sawi hijau.

2. Pupuk Kompos/Kandang

Jika sudah memiliki tanah yang cukup untuk memulai penanaman sawi hijau. Sekarang saatnya memupuk tanah untuk dasar.

Jadi Sebelum di tanami bibit sawi, ada baiknya tanah di kasih pupuk kandang atau pupuk kompos. Agar tanah yang di tanami sawi bisa subur yang nantinya akan berdampak pada kesuburan sawi itu sendiri.

3. Menyiram Tanah

Jika sudah diberikan pupuk langkah selanjutnya agar pupuk bisa menjadi satu dengan tanah yang sudah di kasih pupuk tadi. Lakukan langkah penyiraman awal.

Penyiraman ini berfungsi agar tanah dan pupuk menyatu dan tanah mendapatkan cukup air untuk di tanami bibit sawi hijau.

4. Mulai Membuat Lubang

Jika sudah di sirami dengan air jangan lupa untuk membuat lubang-lubang kecil agar bibit sawi hijau bisa di benamkan di dalamnya.

Usahakan untuk membuat lubang tidak terlalu dalam, buatlah lubang sekitar 1cm saja agar bibit tidak terlalu jauh terbenam pada tanah.

5. Biarkan Tunas Tumbuh

Biasanya jika bibit sudah di tanam dalam tanah yang sudah di berikan pupuk dan di sirami air. Tunas akan tumbuh sekitar 3 atau 4 hari.

Jika tunas kecil sudah tumbuh dan terlihat muncul ke permukaan tanah, maka lakukan penyiraman lagi agar tunas tersebut mendapatkan asupan air yang cukup untuk akar dan batangnya.

6. Berikan Pupuk/Penyemprotan

Jika sawi sudah tumbuh sidikit besar, ada baiknya memberikan pupuk lagi. Misalnya pupuk organik yang di buat dari pabrik.

Kemudian untuk menjaga daun sawi hijau agar tidak kuningdan jauh dari serangga. Lakukan penyemprotan cairan anti serangga yang ramah terhadap tanaman.

Biasanya daun sawi hijau memang menjadi salah satu makanan empuk bagi serangga dan kumbang kecil. Sehingga membuat daun sawi hiau bolong-bolong, kemudian menjadi kunig dan busuk.

7. Memanen

Untuk tumbuhan sawi hijau sendiri memang di bilang paling cepat masa panennya dari tumbuhan lain. Panen sawi hijau bisa sekitar 2 atau 3 minggu.

Kemudian daunnya sudah bisa di panen dan di konsumsi ataupun di jual.

Untung Besar! Menanam Pepaya California Agar Berbuah Lebat
Menanam Pepaya California Agar Berbuah Lebat –
Cara Mudah Menanam Kopi dari Biji Hingga Tumbuh Subur
Tanaman kopi adalah tanaman biji-bijian yang memiliki
5 Teknik Budidaya Bawang Dayak Dalam Polybag, Anti Gagal!
5 Teknik Budidaya Bawang Dayak Dalam Polybag, Anti Gagal!
Teknik Budidaya Bawang Dayak Dalam Polybag –
Cara Budidaya Tanaman Umbi Porang Yang Menguntungkan
Cara Budidaya Tanaman Umbi Porang Yang Menguntungkan
Tanaman porang, sebenarnya adalah tanaman jenis umbi-ubian

Tinggalkan pesan "7 Tips Menanam Sawi Hijau Agar Subur dan Gemuk"


Top