Lengkap, Akses dan Biaya Transportasi Lombok – Senggigi

Di Travelling 45 views

Tahukah anda bahwa saat kita berwisata di sekitaran Senggigi, kita dapat berhemat banyak dengan cara menentukan moda transportasi yang tepat. Bukan hanya hemat dan low budget, tapi juga bisa memberikan pengalaman travelling yang sangat berkesan!

Akses Transportasi Dari Bandara Internasional Lombok ke Senggigi

Senggigi berjarak sekitar 15-20 menit ke utara dari pinggiran ibukota Mataram. Taksi bandara dan taksi argo tersedia untuk transportasi dari bandara.

Taksi bandara hanya digunakan untuk penumpang yang tiba di bandara dan membutuhkan transportasi ke berbagai tujuan di seluruh pulau. Taksi bandara tidak diizinkan untuk mengangkut penumpang ke bandara saat akan meninggalkan pulau ini.

Bandara Internasional Lombok (IATA: BIL) dibuka pada tanggal 1 Oktober 2011. Bandara baru di Praya ini menggantikan Bandara Internasional Selaparang di Mataram. Karena bandara Selaparang ditutup untuk operasi penerbangan pada tanggal 30 September 2011.

Bandara Internasional Lombok terletak di dekat kota Praya di Jalan Raya, Tanak Awu Lombok Tengah di Lombok Selatan bagian tengah dan sekitar 40 km selatan Mataram, dan 55 km tenggara dari kawasan wisata Senggigi di Lombok Barat.

Perlu dicatat bahwa biaya transportasi yang tertera disini adalah biaya estimasi yang bisa berubah menyesuaikan dengan regulasi dan kondisi di lapangan.

Dengan taksi

Telah diumumkan secara resmi bahwa kebutuhan penumpang yang tiba di bandara internasional baru di dekat Praya (Bandara Internasional Lombok) akan dilayani oleh Taksi Bandara, yang disediakan oleh Koperasi Taksi Bandara yang sebelumnya melayani Bandara Selaparang, yakni taksi argo Bluebird, dan taksi argo Express.

Biaya taksi argo dari lokasi Bandara Internasional Lombok ke Senggigi adalah sekitar Rp. 135.000-155.000. Taksi dari Terminal Bus Mandalika di Sweta di pinggiran timur Mataram sekitar Rp. 60.000-65.000.

Perlu di ingat bahwa taksi argo tarifnya ditentukan oleh waktu dan jarak. Biaya tambahan taksi bandara sebesar Rp. 17.500 harus dibayarkan saat berangkat dari bandara dengan taksi. Tiket tersedia di konter layanan taksi yang berada tepat di luar pintu terminal bandara.

Dengan bus bandara

Ada layanan bus umum tersedia dari Bandara Internasional Lombok untuk melayani penumpang yang ingin melakukan perjalanan ke dan dari Mataram atau Senggigi. Ada 8 bus DAMRI yang melayani rute ini. Bus DAMRI yang beroperasi dilengkapi dengan AC dan memiliki kapasitas sekitar 40 penumpang.

Layanan bus DAMRI berangkat dari Senggigi mulai pukul 03:00 dan berangkat setiap 1 jam sampai keberangkatan terakhir dari Senggigi pada pukul 20:00.

Layanan DAMRI juga berangkat dari terminal Mandalika setiap satu jam sekali untuk menuju ke bandara, dimulai pada pukul 04:00 dengan bus terakhir meninggalkan terminal tersebut pada pukul 19:00.

Ongkos dari/ke Senggigi adalah Rp. 35.000 dan dari terminal Mandalika adalah Rp. 25.000. Bus datang dan berangkat dari sebelah selatan Pasar Seni di Jl Raya Senggigi dan dari depan gedung terminal di bandara. Tiket dapat dibeli di loket atau di dalam bus.

Bemo

Pada siang hari, bemo umum tersedia di dalam area parkir pasar Ampenan dan di jalan raya di luar, biaya yang dikenakan untuk perjalanan ke Senggigi sekitar Rp. 5.000, ditambah biaya tambahan untuk barang bawaan yang lebih besar yang dibawa.

Bemo juga tersedia untuk melakukan perjalanan menyusuri pantai barat dari lokasi-lokasi di utara pulau. Daerah Bayan, Tanjung dan Pemenang memiliki area terminal umum, fasilitas di terminal cukup sederhana dan lebih menyerupai area parkir.

Layanan antar jemput hotel

Beberapa hotel besar menawarkan layanan antar jemput dari dan ke Bandara. Anda harus memesan terlebih dahulu untuk ini. Transfer hotel ke Senggigi dari Bandara Internasional Lombok telah diatur oleh organisasi pengelola taksi. Untuk perjalanan yang lebih nyaman ke Senggigi, lebih baik bagi pengunjung untuk memesan taksi terlebih dahulu secara online sebelum Anda tiba di pulau Lombok.

Akses Transportasi Untuk Berkeliling Senggigi

Dengan bemo

Bemo adalah truk pick-up kecil yang tertutup dengan bangku dengan tempat duduk empuk yang sempit di bagian belakang. Bemo adalah sarana utama transportasi jarak pendek dan menengah di daerah pedesaan dan pesisir Lombok dan dapat dipesan di banyak jalan. Mereka dengan senang hati akan membawa Anda bahkan untuk perjalanan singkat di sekitar Senggigi dan tarifnya tidak mahal.

Perkiraan ongkos dari Senggigi ke pasar hasil bumi di Ampenan adalah Rp 4.500-5.500 per orang. Harga untuk jarak tertentu dapat bervariasi pada waktunya. Coba perhatikan berapa harga yang dibayar oleh pelanggan lokal untuk jarak yang sama dengan jarak yang Anda tempuh dan jika Anda ragu-ragu, tambahkan saja Rp 1.000-2.000. Jika menyewa bemo kosong ke tujuan tertentu, berhati-hatilah untuk mengklarifikasi jumlah pembayaran yang diperlukan sebelum masuk ke dalam kendaraan.

Banyak pengemudi bemo enggan untuk menjelajah lebih jauh ke pantai barat daripada ujung utara Desa Mangsit karena disana tidak banyak penumpang. Pengemudi mungkin ingin kembali pada titik ini jika dia tidak memiliki penumpang yang cukup.

Bemo biasanya berhenti beroperasi saat senja di pantai barat Lombok.

Agen perjalanan juga bisa mendapatkan layanan antar-jemput semi-reguler, yang menghubungkan Senggigi, bandara, dan pelabuhan Lembar (untuk Bali) dan Bangsal (untuk Gili).

Dengan taksi

Transportasi taksi yang paling umum tersedia di daerah Senggigi adalah Lombok Taksi (Bluebird group), baik Bluebird maupun Taksi Express berwarna putih memiliki sistem radio despatch dan kedua mobil perusahaan dilengkapi dengan argo yang harus digunakan oleh pengemudi mereka setiap saat.

Tarifnya awalnya sekitar Rp 4.250 dan argo akan naik untuk setiap seratus meter. Taksi ini bisa Anda dapatkan di jalanan sekitar Senggigi, kecuali Taksi Bandara berwarna biru tua yang penggunaannya terbatas hanya untuk penumpang yang datang dari bandara saja.

Taksi dapat dipesan terlebih dahulu baik dengan menelepon mereka sendiri atau dengan memesan melalui hotel Anda. Pada malam hari, taksi-taksi ini sering ditemukan berkumpul di dekat klub malam Marina di Senggigi. Taksi-taksi sering ditemukan diparkir di seberang Holiday Resort di Mangsit dan di atas bukit di atas resor Sheraton di ujung utara kota Senggigi baik siang maupun malam.

Dengan mobil

Menyewa mobil juga merupakan pilihan dan ada banyak tempat untuk menyewa di daerah Senggigi. Anda bisa membayar Rp 150.000-Rp 175.000 (low end pertengahan akhir 1980-an Suzuki mini jeep-Jimmy (2×4) hingga Rp 450.000 untuk Toyota Kijang model akhir (2×4). Periksa kendaraan dengan sangat teliti sebelum menandatangani perjanjian sewa.

Dengan sepeda motor

Untuk menyewa sepeda motor, Anda harus membayar sekitar Rp 50.000 untuk sebagian besar model dan mungkin lebih mahal di musim ketika permintaan sewa sangat tinggi. Periksa sepeda motor secara menyeluruh sebelum menandatangani perjanjian sewa.

Dengan ojek

Harga bisa dinegosiasikan tetapi aturan praktisnya adalah Rp 10.000 jika tujuannya dekat. Pengen lebih hemat? Gampang, tinggal gunakan aplikasi ojek online!

Dengan kereta kuda

Gerobak yang ditarik kuda, yang dikenal sebagai Cidomo, sangat umum di sekitar Senggigi dan di seluruh Lombok. Pastikan untuk menyetujui harga sebelum perjalanan dan sebelum turun dari cidomo.

Dengan perahu

Perahu nelayan tradisional yang dikenal sebagai perahu melintasi perairan di sekitar Lombok. Perahu-perahu ini langsung dapat dikenali karena cadiknya, dua panjang bambu ekstra besar yang dipasangkan di kedua ujungnya dan dipasang palang di kedua sisinya seperti katamaran yang memberikan stabilitas yang lebih besar dalam ombak yang deras.

Mereka juga dapat disewa di pantai-pantai Senggigi, baik secara langsung dari pemiliknya atau melalui agen perjalanan mana pun, yang tentu saja akan mengambil komisi besar.

Dengan sepeda

Lalu lintas relatif ringan di seluruh pulau sehingga perjalanan dengan sepeda sangat mungkin dilakukan dan memberikan pengalaman travel yang sangat berbeda dengan alat transportasi lainnya. Beberapa hotel memiliki sepeda yang tersedia dan Senggigi memiliki operator tur sepeda.

Tags: #biaya bali lombok #biaya dari lombok ke gili trawangan #biaya kapal lombok bali #biaya ke lombok #biaya ke lombok dari jakarta #biaya ke lombok dari semarang #biaya nyebrang lombok bali #biaya travel lombok #mobil avanza lombok #mobil murah lombok #mobil travel lombok bali #rental mobil senggigi #senggigi #senggigi ke gili trawangan

Panduan Tur dan Perjalanan ke Danau Segara Anak
Panduan Tur dan Perjalanan ke Danau Segara Anak
Danau Segara Anak adalah danau kaldera dengan
Wisata Curug Malela, Konon Mirip Dengan Air Terjun Niagara!
Wisata Curug Malela, Konon Mirip Dengan Air Terjun Niagara!
Wisata Curug Malela memiliki keunikan tersendiri. Wisata
Pesona Destinasi Pantai Wediombo Gunung Kidul
Tidak akan ada habisnya jika kita membahas
Rekomendasi 10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik
Rekomendasi 10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik
10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik

Tinggalkan pesan "Lengkap, Akses dan Biaya Transportasi Lombok – Senggigi"


Top