Apasih Perbedaan Mesin SOHC, DOHC Dan OHV Pada Kendaraan

Di Mobil 118 views

Mungkin teman-teman pernah terbersit apa sih perbedaan antara mesin tipe DOHC, SOHC maupun OHV? Dari tiga mesin di atas mana yang paling bagus dan bagus untuk performa mesin maupun perawatannya.

Penjelasan Mengenai Mesin DOHC

Ok kita akan membahas terlebih dahulu apa itu mesin tipe DOHC? Mesin dengan nama asli Dual Over Head Camsaft (DOHC) dapat di defisinikan sebagai mesin yang memiliki masing-masing silinder dengan dua camshaft yang mengendalikan katupnya. Pada mesin inline yang biasa di adopsi oleh mesin 4 silinder, artinya yang memiliki satu silinder segaris dengan jumlah titik 2 camshaft.

Namun untuk mesin dengan label V-style seperti (V6/V8/V10) berarti terdapat total 4 camshaft yang di benamkan pada mesin tersebut. Hal ini di karenakan setiap unit kepala mendapatkan camshaft ganda yang memiliki dua camshaft pada masing-masing per kepalanya, dari masing-masing camshaft tersebut di prioritaskan untuk katup intake atau dengan kata lain katup buang yang terdapat tepat pada bagian atas katup.

Dengan adanya camshaft yang berada tepat di atas katup dapat sedikit menghilangkan kebutuhan lengan rocker yang telah di berlakukan dalam desing non-DOHC yang memiliki bagian gerak yang lebih sedikit. Oleh karenanya mesin dengan tipe DOHC dapat nilai lebih tinggi jika di bandingkan dengan mesin lainnya karena mesin jenis ini memiliki valvetrain yang kurang inersia.

Mesin dengan tipe DOHC ini dapat meringankan implementasi dari kinerja yang di hasilkan oleh multivalve, hal ini di karenkan mesin multivalve sendiri tidak memerlukan lengan rocker dan perangkat keras lainnya untuk masing-masing katup yang dapat di simpulkan mesin dapat bernafas lebih mudah dan mesin jenis ini dapat dengan efisien menjalankan fungsinya.

Kekurangan Mesin DOHC

Namun ada beberapa kekurangan yang terdapat pada mesin dengan tipe DOHC ini diantaranya mesin dengan jenis ini agak sedikit lebih besar dan lebar jika di bandingkan dengan mesin kendaraan lainnya dan juga perawatannya lebih mahal. Mesin DOHC juga terlalu banyak memakan ruang mesin karena bentuknya yang lebih besar hal ini bisa membuat anda kesulitan jika ingin mengganti salah satu part yang rusak pada saat terjadi trouble pada kendaraan dan konsumsi bbm pada mesin DOHC lebih boros jika di bandingkan dengan mesin lainnya.

Kelebihan Mesin DOHC

Walaupun mesin DOHC terlihat lebih besar dari mesin lainnya, Namun kelebihan dari mesin DOHC ini bisa melibas jalanan dengan kecepatan maksimal 190kmh sampai dengan 200Kmh jika di bandingkan dengan mesin kendaraan lainnya. Dan juga tahan panas alias anti Overhit sangat jarang sekali kendaraan yang bermesin DOHC mengalami overhit.

Penjelasan Mengenai Mesin SOHC

Mesin Singel Over Head Camshaft (SOHC) adalah mesin yang agak sedikit mirip dengan mesin tipe DOHC. Namun perbedaan yang sangat jelas terlihat dari mesin DOHC dan SOHC terlihat pada bagian atas tutup silinder headnya yang mana mesin DOHC menggunakan dual tutup silinder head namun pada mesin SOHC hanya menggunakan satu tutup silinder head saja.

Kekurangan Mesin SOHC

Kekurangan dari mesin SOHC sendiri akselerasinya agak lambat jika di bandingkan dengan mesin DOHC dan mesin SOHC juga sering mengalami panas atau overhit pada bagian mesinnya.

Kelebihan Mesin SOHC

Kelebihan dari mesin SOHC sendiri lebih irit bahan bakar minyak, ruang mesin yang di pakai lebih sedikit karena mesinnya lebih kecil serta lebih irit bahan bakar jika di bandingkan dengan mesin DOHC yang terlihat lebih besar dan boros.

Penjelasan Tentang Mesin OHV

Mesin dengan nama Over Head Valve (OHV) adalah jenis yang sudah melegenda berada pada ujung lain dari mesin DOHC karena mesin OHV sendiri terlihat lebih sederhana jika di bandingkan dengan mesin lainnya. Mesin OHV sendiri bentuknya serba sederhana mulai dari kepala silinder head yang terlihat sangat sederhana dan ruang mesin terlihat lebih simpel.

Kelebihan Dari Mesin OHV

Kelebihan dari mesin OHV sendiri adalah spare partnya yang murah dan gampang di dapat, mesin tangguh di segala medan, mesin tidak mudah rusak dan mogok, banyak montir yang mengerti, mudah di pahami, irit konsumsi BBM, dan komponen yang paling penting pada mesin ohv rata-rata dari mesin OHV sudah memakai rantai keteng atau rantai kamprat yang awet dan tahan lama untuk mesin.

Kekurangan Mesin OHV

Kekurangan dari mesin OHV sendiri ialah akselerasinya yang kurang mumpuni jika tampil dengan standart, rata-rata masih menggunakan sistem pengapian dengan menggunakan platina.

Ok guys segitu dulu sharing kita pada kesempatan kali ini mengenai Apasih Perbedaan Mesin SOHC, DOHC Dan OHV Pada Kendaraan semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda. (Done)

Tags: #kode mesin fiat #kode mesin holden #kode mesin isuzu #kode mesin mobil #kode mesin mobil daihatsu #kode mesin nissan #kode mesin toyota #mesin avanza #mesin calya sigra #mesin charade #mesin datsun #mesin datsun go #mesin minicab #mobil tua irit #mobil tua modif #modifikasi mesin #spare parts mesin #suku cadang mesin

Tanda-Tanda Penggunaan Oli Mesin Mobil Yang Salah
Tanda-Tanda Penggunaan Oli Mesin Mobil Yang Salah
Tugas oli mesin mobil adalah menjaga semua
7 Benda Yang Harus Disimpan Dalam Mobil Untuk Keadaan Darurat
7 Benda Yang Harus Disimpan Dalam Mobil Untuk Keadaan Darurat
Selalu merupakan ide yang baik untuk bersiap
Cara Memilih Wax Mobil Terbaik dan Mudah Diaplikasikan
Cara Memilih Wax Mobil Terbaik dan Mudah Diaplikasikan
Sebelum kita membahas jenis-jenis wax, kita harus
Petunjuk Mengatasi Permasalahan Umum Pada Dash Cam Garmin
Petunjuk Mengatasi Permasalahan Umum Pada Dash Cam Garmin
Apakah Anda mengalami masalah dengan dash cam

Tinggalkan pesan "Apasih Perbedaan Mesin SOHC, DOHC Dan OHV Pada Kendaraan"


Top