7 Cara Sukses Bagaimana Agar Pohon Sawo Berbuah Lebat

Di Tanaman Pekarangan 140 views

Bagaimana agar pohon sawo berbuah lebat – Sawo adalah buah yang unik. Buah sawo memiliki karakteristik yang unik. Pada saat masih belum matang, rasa buah ini sangat pahit dengan tekstur yang keras. Tetapi setelah matang, buah sawo akan berubah menjadi berair dan memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang khas.

Pohon sawo merupakan tanaman tropis yang aslinya berasal dari Belize, Yucatan dan Guatemala. Sebutan populer internasional untuk buah sawo adalah Zapota atau Sapodilla. Selain untuk konsumsi lokal, sawo juga laku keras untuk di ekspor keluar negeri.

Selain buah, pohon sawo juga memproduksi getah lateks lengket yang biasa di sebut sebagai chicle. Dulu chicle digunakan sebagai utama dalam pembuatan permen karet. Selain tumbuh di perkebunan, sawo alias Sapodilla ini juga dapat di tanam sebagai tanaman pekarangan.

Berikut ini, ada beberapa informasi tentang cara bagaimana agar pohon sawo berbuah lebat yang dapat Anda lakukan sendiri.

Bagaimana Agar Pohon Sawo Berbuah Lebat?

Memilih bibit yang berkualitas

Anda dapat membeli pohon sawo muda yang berasal dari pembibitan berkualitas baik. Pilih bibit sehat yang bebas penyakit dan serangga, tampak kuat dan sehat, dan memiliki satu batang utama. Tanaman tidak harus memiliki akar yang kuat.

Bibit sawo yang berkualitas baik tidak hanya akan memproduksi buah dalam jumlah yang lebih banyak, namun juga memberikan ukuran buah yang lebih besar, lebih manis, dan lebih cepat untuk di panen. Jadi, jangan ragu untuk membeli bibit sawo unggulan.

Jika Anda ingin lebih mudah melakukan perawatan, Anda dapat membeli pohon sawo cangkokan yang siap tanam.

Mempersiapkan media tanam

Sawo merupakan tumbuhan dikotil yang akarnya sangat cepat tumbuh dan menyebar. Jadi Anda perlu mempersiapkan media tanam yang baik untuk mendukung pertumbuhan akar sawo.

Gali lobang tanam agak dalam, kemudian gemburkan tanah di sekitarnya. Hal ini akan memungkinkan pohon muda untuk memperluas akarnya dengan mudah. Pilih tempat di bawah sinar matahari penuh, karena sawo ideal tumbuh pada daerah tropis dengan penyinaran matahari enam hingga delapan jam per hari. Longgarkan tanah di dasar lubang dengan cangkul sebelum menempatkan pohon sawo muda di dalamnya.

Prosedur penanaman yang baik

Salah satu cara bagaimana agar pohon sawo berbuah lebat selanjutnya adalah mengikuti prosedur penanaman yang baik dan benar.

Tempatkan pohon sawo tegak lurus di dalam lubang tanam, kemudian pegang batang pohon dengan kuat saat Anda menyebarkan tanah di sekitar akar pohon. Dorong tanah sedikit ke bawah untuk mengeluarkan udara saat lubang terisi dengan tanah. Lanjutkan sampai akar pohon sawo tertutup sepenuhnya, jaga agar pohon tetap lurus saat akarnya terkubur.

Sebarkan pupuk kompos

Cara bagaimana agar pohon sawo berbuah lebat selanjutnya adalah memberikan lapisan kompos ringan di atas tanah. Sebarkan pupuk kompos atau pupuk kandang di sekitar batang pohon sawo. Kompos akan bermanfaat sebagai pupuk dan mulsa pohon sawo muda.

Berikan air dalam jumlah cukup

Siram pohon secara menyeluruh dengan selang. Pastikan air dapat merembes ke tanah dan akar, dan jangan siram batang atau daun pohon sawo, karena hal ini tidak memberikan manfaat.

Siram dengan jumlah yang seperlunya saja, karena jika penyiraman di lakukan secara berlebihan, maka sawo akan mati karena kebusukan akar. Siram setiap hari selama dua minggu pertama, selanjutnya lakukan satu atau dua penyiraman setiap minggu selama dua sampai tiga bulan ke depan.

Jika musim kemarau tiba, maka pohon muda memerlukan lebih banyak penyiraman.

Ikat pada tiang pancang kecil

Saat berusia muda, Anda mungkin perlu memancang pohon dengan tali alami – seperti tali ijuk – dan bambu atau kayu untuk mendorong pertumbuhan lurus ke atas.

Pupuk secara berkala

Cara bagaimana agar pohon sawo berbuah lebat yang terakhir adalah pastikan Anda menjadwalkan pemupukan secara berkala.

Tambahkan kompos atau pupuk 6-6-6-2 (6 persen nitrogen, 6 persen fosfat, 6 persen kalium dan 2 persen magnesium) setiap enam sampai delapan minggu sekali.

Demikianlah informasi tentang cara bagaimana agar pohon sawo berbuah lebat yang mudah bahkan dapat Anda lakukan sendiri tanpa bantuan dari orang lain atau peralatan yang berlebihan. Merawat sawo membutuhkan kesabaran dan ketekunan, namun semua usaha Anda akan terbalas saat panen sawo yang jumlah buahnya melimpah. Selamat mencoba, ya!

Tags: #kebun #lateks #outdoor #pertanian #sawo

Sukses Budidaya Sirih Cina: Superfood Yang di Anggap Gulma
Budidaya sirih cina – Sirih cina (Peperomia
Panduan Menanam Pare di Pekarangan Rumah atau Taman
Siapa yang tidak kenal dengan pare? Pare
Petunjuk Menanam Tomat di Dalam Pot atau Kontainer Plastik
Petunjuk Menanam Tomat di Dalam Pot atau Kontainer Plastik
Menanam tomat dalam wadah – misalnya kontainer
Cara Merawat Tanaman Cabe Rawit Agar Berbuah Lebat
Cara Merawat Tanaman Cabe Rawit Agar Berbuah Lebat
Cara merawat tanaman cabe rawit agar berbuah

Tinggalkan pesan "7 Cara Sukses Bagaimana Agar Pohon Sawo Berbuah Lebat"


Top