Cara Mudah Menanam Kopi dari Biji Hingga Tumbuh Subur

Di Tanaman Tani 79 views

Tanaman kopi adalah tanaman biji-bijian yang memiliki peminat tinggi. Profit yang di hasilkan dari tanaman kopi memang tidak main-main. Untuk saat ini penggemar kopi memang sudah marak dimana-mana.

Sehingga kopi menjadi salah satu komoditas yang sangat tinggi permintaan pasarnya. Petani kopi di indonesia memang sudah banyak yang sukses. Karena koi sendiri adalah tanaman yang berjangka waktu lama, sehingga hanya dengan sekali tanam bisa sampai puluhan tahun dapat menikmati hasil panen dari tumbuhan kopi tersebut.

Jika saat ini kamu sedang tertarik untuk bertani kopi, ada baiknya riset permintaan pasar terlebih dahulu. Pastikan kamu mengetahui kopi yang mana saja yang sangat di minati oleh pasaran.

Karena jenis kopi premium saat ini jumlahnya sangatlah banyak, jadi kamu perlu mengetahui permintaan pasar sebelum memulai untuk menanam kopi. Namun ada beberapa referensi kopi yang paling laris di pasaran seperti kopi arabica, kopi robusta, kopi aceh gayo dan kopi kintamani bali. Yang mana jenis-jenis kopi yang di sebutkan sudah terkenal dan sudah mendunia.

Trik Menanam Kopi Agar Buahnya Lebat

Cara Sederhana Menanam Kopi Untuk Pemula

1. Siapkan Lahan dan Tempat

Ketika kamu ingin mulai menanam atau bertani sesuatu, hal yang paling mendasar yang harus kamu siapkan adalah lahan dan tempat. Yang mana lahan atau tempat adalah salah satu hal wajib yang harus kamu persiapkan.

Jika tidak punya lahan yang luas, dan tempat yang sedikit sempit. Ada baiknya memulai menanam dengan teknik bertingkat.

2. Mengolah Tanah

Jika sudah memiliki lahan dan tempat, maka tanah di lahan tersebut tidak bisa langsung di tanami oleh kopi. Jadi kamu harus mengolah tanah pada tempat yang akan kamu tanami tersebut agar subur.

Untuk mengolah tanah sendiri kamu bisa memulai dengan menggemburkan tanah dan memberi pupuk alami pada tanah yang sudah gembur tersebut.

Penggemburan tanah sangat penting untuk tanaman kopi, jika tanah tidak gembur maka tanaman kopi yang masih kecil tidak akan bisa tumbuh dengan maksimal.

Bahkan tanah yang tidak di gemburkan sebelum menanam kopi, maka kopi akan tumbuh kurus dan tidak berbuah lebat. Sehingga hasilan kopi tidak maksimal pada saat masa panen tiba.

 

Untung Besar! Menanam Pepaya California Agar Berbuah Lebat
Menanam Pepaya California Agar Berbuah Lebat –
5 Teknik Budidaya Bawang Dayak Dalam Polybag, Anti Gagal!
Teknik Budidaya Bawang Dayak Dalam Polybag –
Cara Budidaya Tanaman Umbi Porang Yang Menguntungkan
Tanaman porang, sebenarnya adalah tanaman jenis umbi-ubian

Tinggalkan pesan "Cara Mudah Menanam Kopi dari Biji Hingga Tumbuh Subur"


Top