Belajar dan Mengenal Cloud Computing Untuk Pemula

Di Cloud, Internet, Komputer 71 views

Berbicara tentang teknologi memang tidak ada habisnya, setiap tahun selalu bermunculan teknologi tekini yang membuat pekerjaan kita semakin mudah dan simple.

Tak terkecuali dengan teknologi Cloud Computing atau biasa yang di kenal dengan komputasi awan walaupun teknologi ini sudah lama sekali muncul di dunia bermula pada tahun1950-an namun teknologi ini mulai sangat populer di beberapa tahun belakangan ini.

Arti dari cloud computing itu sendiri adalah layanan penyimpanan data baik besar maupun kecil melalui jaringan network yang tersambung antara satu komputer server dengan komputer lainnya.

Bahkan raksasa teknologi dunia seperti Google dan microsoft mulai gencar mempromosikan teknologi ini. Siapa yang tak kenal dengan skype Teknologi P2P ( peer to peer) yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi melalui chatting, telepon bahkan saling tatap muka dengan panggilan video.

Ada juga Google drive sebuah penyimpanan online yang dikembangkan oleh Google ini memungkinkan kita untukmenyimpan file kita di internet yang mana kita dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun selama kita mempunyai akses internet.

Begini Cara Implementasi Cloud Computing

1. SaaS ( Software as Service)

Biasa disebut awan aplikasi yang mana kita dapat langsung menggunakan aplikasi yang telah disediakan. Ini tentu sangat menguntungkan karna kita tidak perlu membeli lisensi asalkan kita mempunyai hak akses ke internet. Sebagai contoh layanan email yaitu Gmail, yahoo, Hotmail dan masih banyak lagi.

2. PaaS ( Platform as service)

Biasanya tersedia pada OS, database, web server dan framework. API ( aplication programming interface) disediakan khusus pelanggan untuk mengendalikan layanan ini. Kita juga tidak perlu repot memikirkan pemeliharaan layanan ini karna sudah ditangani langsung oleh penyedia layanan. contoh layanan yaitu windows azure dan force com

3. IaaS ( Infrastructure as Service)

Ada beberapa Fungsi yang sangat penting dari IaaS untuk Memberikan service berupa infrastrutur seperti CPU, bandwith/koneksi online, storage dan konfigurasi lain. Iini layaknya membangun sebuah komputer secara visual yang tentu akan menghemat biaya tanpa perlu membeli komponen fisik. Penyedia layanan ini seperti Amazon Zimory, Elactishost dan amazon EC2.

Bagaimana Cloud Computing Bekerja
Ketika anda mulai membicarakan Cloud Computing atau Komputasi awan anda harus memahami bagaimana sistem ini bekerja. Biasanya server cloud computing sendiri dibagi menjadi 2 yaitu front end dan back end. Keduanya terhubung langsung melalui jaringan internet.

Ini seperti layaknya layanan client-server dimana front end bertugas sebagai komputer dekstop biasa sedangkan back end sebagai sekumpulan komputer yang memiliki kinerja tinggi untuk melayani suply and demand.Suatu teknologi diciptakan dengan tujuan agar bermanfaat bagi orang banyak.

Berikut Manfaat dari Cloud Computing :

1. Menghemat Hardware

Dapat menyimpan file penting tanpa harus membeli media penyimpan seperti harddisk, karena di disimpan dalam komputer yang berbasis cloud.

2. Backup Security

Maksudnya jika terjadi bencana sewaktu-waktu file tidak akan hilang walaupun harddisk atau media penyimpan lainnya rusak. Karena seperti penyedia layanan cloud mereka akan menyimpan back up file yang kita simpan secara berkala.

Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka back up file dari cloud tersebut masih aman tersimpan.

3. Encripsi Security

Keamanan terjamin oleh perusahaan penyedia cloud computing. Untuk saat ini sudah banyak layanan cloud yang sistem securitynya sangat baik. Dan kamu tidak perlu lagi memikirkan dari segi keamanan dan kenyamanan file yang ada di cloud tersebut.

4. Efisien dan fleksibel

Sangat efisien dan juga fleksibel karena bisa diakses dari jauh dan dari berbagai macam perangkat. Sehingga tidak perlu copy paste dan membawa perangkat keras seperti hardsik.

Kekurangan Cloud Computing

Secanggih canggihnya teknologi pasti juga mempunyai kekurangan.

Berikut daftarnya:

1. Koneksi internet adalah Akses Utama

Jika tidak terhubung dengan internet, maka kamu tidak akan bisa mengakses data dan file kamu dari cloud. Oleh sebab itu bisa di bilang internet adalah salah satu fasilitas mutlak jika kamu ingin menggunakan layanan cloud.

2. Masalah Network Server Down

Server yang mati atau down secara networknya, maka tidak akan bisa di akses dari manapun. Tentunya kamu tidak bisa masuk dan mengambil data yang sudah kamu simpan di dalam cloud tersebut.

3. Keamanan Yang Sering Menjadi Masalah

Untuk Segi keamanan cloud computing memang nomor satu. Jadi masalah keamanan memang sering muncul pada masalah cloud computing. Terutama keamanan data dan file yang berada di dalamnya agar tidak mudah di curi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Semoga apa yang penulis sampaikan bermanfaat dan menginspirasi anda sekalian. (Done)

Tags: #belajar cloud #cloud network #cloud server #file online #internet cloud #linux cloud #membuat cloud #upload cloud #windows cloud

Rekomendasi Browser Ringan Untuk Android. Dijamin Ngebut dan Enteng!
Rekomendasi Browser Ringan Untuk Android – Saat

Tinggalkan pesan "Belajar dan Mengenal Cloud Computing Untuk Pemula"


Top