Inilah Daftar Destinasi Wisata Terbaik di Sumba

Di Travelling 42 views

Salah satu daerah di Indonesia yang kaya dengan destinasi wisata alam dan budaya adalah Sumba. Akses ke Sumba dapat ditempuh dengan menggunakan kapal feri dari Ende di Flores ke Waingapu atau dari Sape di Sumbawa ke Waikelo, atau melalui udara ke Waingapu atau Waikabubak.

Kebanyakan orang memilih untuk terbang dari Waingapu daripada Waikabubak, karena penerbangan Waikabudak banyak memiliki catatan delay atau pembatalan.

Inilah Daftar Destinasi Wisata Terbaik di Sumba

Waingapu

Waingapu merupakan pelabuhan dan kota terbesar di Sumba, tetapi Waingapu jauh dari kota metropolitan modern. Kambing-kambing berkeliaran di sepanjang jalan utama, kuda-kuda dikandangkan di beranda depan, dan penduduk setempat masih berjalan-jalan tanpa alas kaki, dengan kain yang diikatkan di kepala dan pinggang mereka.

Separuh bagian ini berpusat di sekitar pelabuhan, bagian yang lebih baru di sekitar pasar. Teluk di sebelah barat kota ini memiliki pelabuhan di titik ekstrim dari pantai; semua feri berlabuh di pelabuhan barat, yang membutuhkan perjalanan delapan kilometer di sekitar teluk ke kota. Pelabuhan timur di kota tua sekarang hanya digunakan untuk perahu nelayan, dan bisa menjadi indah, terutama saat matahari terbenam.

Prailu adalah desa yang paling banyak dikunjungi di antara desa-desa penenun ikat setempat, dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari hotel-hotel di dekat pasar. Selimut ikat Sumba Timur dihiasi dengan simbol naga, hewan, dewa, dan gambar-gambar perburuan kepala.

Kain yang dikenakan oleh pria disebut hinggi, dan terbuat dari dua panel identik yang dijahit bersama menjadi selimut simetris. Ini adalah suvenir yang paling populer, karena bisa menjadi hiasan dinding yang bagus. Tenunan yang rapat, motif yang bersih dan presisi, serta tepi yang tajam di antara warna-warna yang berbeda, semuanya merupakan tanda dari sebuah karya yang bagus. Pedagang di kota sering kali akan memberikan harga yang lebih terjangkau dan lebih banyak pilihan daripada di desa-desa.

Kodi dan Pero

Di ujung barat Sumba terdapat distrik Kodi yang semakin populer. Pusatnya adalah desa Bandokodi, yang terkenal dengan atap-atap menjulang tinggi di atas rumah-rumah tradisionalnya. Desa ini juga merupakan salah satu tempat utama event Pasola di Sumba Barat. Dengan transportasi Anda sendiri, Anda dapat menjelajahi daerah ini dari Waikabubak, atau Anda dapat tinggal di Pero.

Ada bus langsung dari Waikabubak ke Bandokodi, tetapi sulit ditemukan; cukup mudah untuk naik bus ke Waitabula di utara dan kemudian menyambung ke layanan Kodi, yang akan membawa Anda sampai ke Pero. Bus langsung kembali ke Waikabubak meninggalkan Pero sekitar jam 6 pagi.

Pero

Satu-satunya tempat menginap di Kodi adalah Pero, sebuah desa tepi pantai dengan losmen yang menyendiri. Desa ini tidak dibangun dengan gaya tradisional Sumba, tetapi memiliki pesona yang tenang.

Banyak kampung dengan atap tinggi dan makam batu berlumut menghiasi pedesaan di sekitarnya, beberapa hanya berjarak berjalan kaki singkat. Homestay Story menawarkan kamar-kamar standar, yang bisa menjadi agak pengap di malam hari.

Ada banyak nyamuk dan tidak ada kelambu yang disediakan, jadi bersiaplah. Pantai utama para peselancar, hamparan panjang yang sepi di mana ombak tinggi menghantam pasir yang curam, berada di sebelah kanan, tetapi arus atas dan arus bawahnya cukup ganas.

Pasola

Pasola adalah festival yang paling terkenal dan paling mempesona di Nusa Tenggara, Pasola merupakan salah satu tontonan langka. Festival ini berlangsung di Kodi dan Lamboya pada bulan Februari dan di Wanokaka dan Gaura pada bulan Maret.

Pawai pasola akan diikuti beberapa ratus penunggang kuda yang berpakaian warna-warni dan memegang tombak dalam pertarungan keras dan mematikan. Pasola diadakan pada dua bulan pertama dalam setahun, dan ditandai oleh kemunculan massal sejenis cacing laut, yang selama dua hari dalam setahun, mengubah pantai menjadi pusaran warna merah, kuning, dan biru yang bercahaya.

Acara ini merupakan ritual untuk menyeimbangkan antara langit bagian atas dan lautan bagian bawah. Pasola menempatkan para pria dari setiap desa ke dalam dua tim yang saling berlawanan secara langsung; tumpahnya darah mereka akan menenangkan roh-roh dan mengembalikan keseimbangan antara kedua bidang tersebut. Prosesnya dimulai beberapa minggu sebelum acara utama, dengan penduduk desa melemparkan caci maki dan penghinaan pada tetangga mereka untuk mendapatkan darah mereka.

Waikabubak

Dikelilingi oleh padang rumput hijau yang subur dan bukit-bukit berhutan, Waikabubak yang areanya kecil melingkupi beberapa kampung dengan atap jerami miring dan kuburan batu megalitik, di mana kehidupan berjalan sesuai dengan hukum roh.

Kampung Tarung, di puncak bukit di sebelah barat jalan utama, memiliki beberapa kuburan megalitik yang sangat bagus dan dianggap sebagai salah satu pusat spiritual yang paling signifikan di pulau ini.

Ratu (raja) Tarung bertanggung jawab atas upacara wula padu tahunan, yang berlangsung selama sebulan pada awal Tahun Baru Merapu di bulan November. Upacara ini memperingati kunjungan roh-roh leluhur yang penting, yang dihormati dengan pengorbanan hewan dan dihibur dengan nyanyian dan tarian. Kampung Praijiang adalah desa lima tingkat yang bagus di puncak bukit yang dikelilingi oleh sawah, beberapa kilometer di sebelah timur kota.

Anda bisa naik bemo ke bawah bukit. Waikabubak mengalami musim hujan yang panjang hingga bulan Mei, dengan hujan deras setiap hari dan malam yang dingin.

Tradisi dan adat istiadat Sumba

Salah satu alasan utama untuk mengunjungi Sumba adalah untuk mengalami budaya animisme agraris yang luar biasa di desa-desa. Desa-desa ini, atau kampung, terdiri dari rumah-rumah klan besar yang terletak di bukit-bukit yang dibentengi, berpusat di sekitar kuburan megalitik dan di atasnya terdapat totem yang terbuat dari pohon yang membatu, di mana penduduk desa akan menggantung kepala musuh yang ditaklukkan.

Pemerintah nasional bersikeras agar semua totem dihilangkan pada tahun 1970-an, dan meskipun beberapa masih ada, banyak yang telah hilang.

Bagian terpenting dari kehidupan bagi orang Sumba adalah kematian, ketika jiwa yang fana melakukan perjalanan ke dunia roh. Pemakaman orang Sumba bisa menjadi tontonan yang sangat mengesankan, menginspirasi penyembelihan dan pesta selama beberapa hari, jenazah dibungkus dengan ratusan kain ikat yang indah.

Tags: #objek wisata di sumba timur #pariwisata sumba barat daya #wisata alam sumba timur #wisata budaya sumba timur #wisata di sumba barat #wisata di sumba ntt #wisata di sumba tengah #wisata di sumba timur #wisata sumba adalah #wisata sumba barat #wisata sumba barat daya #wisata sumba timur #wisata sumbar 2022 #wisata sumbawa barat #wisata sumbawa besar

Panduan Tur dan Perjalanan ke Danau Segara Anak
Panduan Tur dan Perjalanan ke Danau Segara Anak
Danau Segara Anak adalah danau kaldera dengan
Wisata Curug Malela, Konon Mirip Dengan Air Terjun Niagara!
Wisata Curug Malela, Konon Mirip Dengan Air Terjun Niagara!
Wisata Curug Malela memiliki keunikan tersendiri. Wisata
Pesona Destinasi Pantai Wediombo Gunung Kidul
Tidak akan ada habisnya jika kita membahas
Rekomendasi 10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik
Rekomendasi 10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik
10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik

Tinggalkan pesan "Inilah Daftar Destinasi Wisata Terbaik di Sumba"


Top