Ini Dia Ciri Ciri Fuel Pump Rusak Dan Solusinya

Di Komponen Otomotif, Mobil 20 views

Fuel pump atau yang lebih di kenal dengan sebutan pompa bensin sama orang indonesia adalah salah satu kompoenen yang penting. Kenapa di sebut sangat penting? Karena fuel pump atau pompa bensin adalah salah satu komponen yang mengalirkan dan memompa bensin dari tanki ke karburator. Fuel pump sendiri banyak di pakai di beberapa jenis kendaraan seperti motor dan mobil, namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas khusus untuk masalah fuel pump mobil saja.

Banyak pengguna mobil mengenyampingkan untuk melirik komponen yang satu ini, namun begitu ada trouble bisa di pastikan anda sebagai pengguna mobil akan panik karena bisa membuat mesin brebet, tidak bertenaga dan mati tiba-tiba pada saat sedang jalan. Kendala yang muncul pada fuel pump sendiri sangat beragam, mulai dari kondisi fuel pump yang lemah hingga mati total. Sebelum mati total sebenarnya fuel pump dapat di prediksi, agar mobil tidak mogok di tengah jalan. Berikut adalah ciri-ciri dari fuel pump yang sudah lemah dan akan berakibat mati total.

# Ciri Ciri Fuel Pump Rusak
Hal pertama agar mobil anda tidak mogok hanya gara-gara sebuah fuel pump atau pompa bensin, anda bisa dengan mudah merasakan performa mesin. Apakah performa mesin anda menurun? Penurunan performa mesin yang di sebabkan oleh fuel pump biasanya mobil susah di starter, brebet saat di gas dan di bawa jalan kemudian akan mati total.

#1 Solusi Fuel Pump Rusak
Jika terjadi hal demikian pada mobil anda, cobalah anda cek dengan cara membuka tutup bensin pada mobil anda. Kemudian kontaklah pada posisi ON. Jika tidak ada suara dengung yang keluar dari dalam tangki maka bisa di pastikan fuel pump mobil anda sudah lemah atau mati. Namun perlu anda ketahui terlebih dahulu, jangan langsung mengganti fuel pump anda dengan yang baru, karena belum tentu fuel pumpnya yang mati total. Bisa saja sekring fuel pump yang berada pada kap mesin yang mati.

#2 Solusi Fuel Pump Rusak
Cek terlebih dahulu sekring fuel pump, sekring fuel pump biasanya terdapat di dalam kap mesin pada bagian depan mesin. Sekring ini biasanya menyatu dengan beberapa sekring lainnya, seperti sekring lampu, sekring starter dan lainnya.

Cobalah cabut dan cek satu-satu sekring yang berada di dalam box sekring, jika ada yang putus atau terbakar bisa di pastikan itu adalah sekring fuel pump yang bermasalah. Berarti anda tidak perlu membuka tangki untuk mengganti fuel pump, cukup ganti saja sekring fuel pump tersebut kemudian dengarkan lagi melalui tangki, apakah ada suara dengung dari dalam tangki ketika anda sudah mengganti sekring fuel pump.

#3 Solusi Fuel Pump Rusak
Cara terakhir untuk mengecek fuel pump masih bagus atau tidak, anda bisa menyemprotkan carbu cleaner pada karburator atau ijeksi anda. Semprotkan beberapa kali karbu cleaner sambil di gas, kemudian lepaskan gas apakah mobil anda mati atau tidak.

Jika mobil anda langsung mati setelah di semprotkan karbu cleaner maka sudah bisa di tebak fuel pump atau pompa bensin sudah lemah. Dan sudah waktunya untuk menggantinya dengan perangkat yang lebih baru agar mobil tidak kehilangan performa dan mogok pada saat di pakai jalan.

Petunjuk Mengatasi Permasalahan Umum Pada Dash Cam Garmin
Petunjuk Mengatasi Permasalahan Umum Pada Dash Cam Garmin
Apakah Anda mengalami masalah dengan dash cam
Tips Memilih Ban Mobil Sesuai Dengan Kondisi Indonesia
Tips Memilih Ban Mobil Sesuai Dengan Kondisi Indonesia
Memilih set ban yang tepat dapat meningkatkan
Haruskah Kita Memanaskan Mesin Mobil Sebelum Mengendarainya?
Haruskah Anda memanaskan mobil sebelum mengendarainya? Ini
Penyebab Mesin Sudah Hidup Karena Karburator Sering Banjir
Karburator adalah salah satu jantung yang terdapat

Tinggalkan pesan "Ini Dia Ciri Ciri Fuel Pump Rusak Dan Solusinya"


Top