Ini Dia Penyebab Serta Masalah Koil Mobil Cepat Panas Dan Rusak

Di Komponen Otomotif 56 views

Prangkat Koil pada kendaraan adalah salah satu benda yang sangat penting akan kegunaannya. Semua kendaraan yang beredar di seluruh dunia pasti menggunakan koil untuk memaksimalkan pengapian. Fungsi dari koil itu sendiri ialah untuk mendongkrak tegangan listrik dari Accu (aki) mobil yang hanya bertegangan 12 volt menjadi 20rb s/d 30rb volt, perubahan voltase sendiri berasal dari ignition coil yang terdapat 2 gulungan primier dan gulungan skunder.

Hal ini untuk membuat pantikan api pada yang di salurkan ke busi berfungsi secara merata agar lebi bisa menyempurkanan pengapian untuk menciptakan tenaga yang besar pada kendaraan baik itu kendaraan roda dua dan roda empat.

Namun ada beberpa masalah yang biasa terjadi pada kendaraan ketika koil tersebut mulai melemah. Kendala yang biasa ditemukan pada koil yang sudah lemah salah satunya terjadi suhu yang tidak biasa atau panas yang terjadi pada komponen koil tersebut, sehingga membuat mobil/motor mogok dan mati ketika pada saat di kemudikan. Penyebab koil panas pada kendraan di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya.

Penyebab Koil Panas dan Membuat Kendaraan Mogok

1. Koil Kualitas KW (Kurang Bagus)

Hati-hati dalam membeli spare part atau suku cadang untuk kendaraan, jangan sekali-sekali membeli spare part yang KW alias abal-abal karena bisa berakibat fatal dan memperpendek umur dari parts itu sendiri. Begitu juga dengan komponen koil yang akan kamu beli, jika kamu membeli koil dengan kwalitas yang KW maka bisa di pastikan koil akan cepat mati.

Memang harga dari koil kualitas KW tersebut menawarkan harga yang lebih murah dan terjangkau. Namun untuk pasokan strum yang keluar dari koil kualitas KW itu biasanya tidak bisa maksimal dan cenderung tidak stabil. Hal ini akan membuat kendaraan seperti halnya mobil dan motor akan terasa berat dan brebet. Bahkan mesin juga bisa menjadi pincang dan tidak stabil.

Namun tidak ada salahnya jika kamu meluangkan sedikit waktu untuk menanyakan koil apa yang cocok untuk jenis mobil kamu pada penjual suku cadang, bengkel rekomendasi bahkan komunitas. Yang mungkin disana kamu bisa mendapatkan arahan serta informasi yang akurat tentang koil jenis apa yang bisa di aplikasikan pada kendaraan yang kamu miliki.

2. Tidak Tersedia Werstan Atau Resistor

Koil yang tidak ada resistor biasanya akan lebih mudah cepat panas dan rusak, karena pada koil yang tidak menggunakan resistor maka pengapian yang masuk dan keluar tidak balance guna menyimbagkan beban listrik.

Arus listrik yang keluar masuk pada koil haruslah pas dengan yang di butuhkan pada kendaraan. Jika tidak beban koil akan semakin besar dan menyebabkan panas pada koil tersebut yang bisa membuatnya mati mendadak.

Contoh gambar koil di atas adalah contoh fisik koil yang tidak menggunakan werstan atau resistor untuk pendingin serta balance.

Berikut adalah solusi untuk memilih koil yang tidak mudah panas untuk kendaraan.

1. Pilih Koil Dengan 3 Baut

Ciri-ciri koil yang bagus dan berkualitas terlihat mencolok pada bagian fisiknya, ciri-ciri fisik koil yang berkualitas tersedia werstan atau resistor pada bagian atasnya dengan ciri-ciri ada 3 buah baut pada bagian koil tersebut.

Satu baut berfungsi untuk werstan atau resistor yang berfungsi untuk menahan panas serta menahan beban pengapian lebih, resistor sendiri sangat penting untuk balance pengapian pada koil dan dapat memperpanjang umur koil serta tidak panas dan cepat mati.

Cara Mengatasi Koil Panas

Namun jika anda terlanjur membali koil yang tidak ada werstan atau resistornya, anda bisa mengakali dengan menaruh koil tersebut ke dalam kaleng yang sudah di isi oli di dalamnya untuk terhindar dari panas koil yang berlebihan yang membuat komponen tersebut mudah mati mendadak pada saat sedang di gunakan.

Ok guys segitu dulu sharing kita pada kesempatan kali ini mengenai permasalahan koil yang panas, dan juga tips memilih komponen koil yang bagus untuk kendaraan kamu. Jika terdapat tambahan informasi yang lebih bagus silakan tinggalkan komentar ya.

semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda. (Done)

Tags: #harga koil mobil #harga koil motor #koil carry #koil denso #koil futura #koil honda jazz #koil injeksi #koil mati #koil mobil #koil mobil murah #koil motor #koil nissan livina #koil racing #koil renault #koil rusak #koil zebra #onderdil koil

Haruskah Kita Memanaskan Mesin Mobil Sebelum Mengendarainya?
Haruskah Anda memanaskan mobil sebelum mengendarainya? Ini
Penyebab Mesin Sudah Hidup Karena Karburator Sering Banjir
Karburator adalah salah satu jantung yang terdapat
Ini Dia Penyebab Nap Roda Charade Goyang / Oblak
Punya mobil charade tua? atau baru aja
Waspada! Ini Dia Penyebab Radiator Mobil Bocor
Radiator adalah salah satu komponen penting yang

Tinggalkan pesan "Ini Dia Penyebab Serta Masalah Koil Mobil Cepat Panas Dan Rusak"


Top