Melihat Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Suzuki Baleno 1st Gen

Di Baleno, Mobil 33 views

Mobil dengan nama Baleno merupakan salah satu andalan jenis sedan kompak yang di produksi oleh suzuki pada sekitaran tahun 1995 sampai tahun 1999. Namun, suzuki sendiri baru memasarkan baleno di indonesia pada tahun 1996 setahun setelah di produksinya mobil sedan tersebut. Baleno sendiri hadir untuk memulai debutnya untuk menggantikan suzuki esteem yang harus ada penyegaran untuk menarik konsumen otomotif khususnya di indonesia. Suzuki mengharapkan hadirnya baleno bisa menjadi pilihan mobil keluarga yang berkelas pada jamannya, karena pasar mobil jenis sedan kompak pada waktu itu sedang di dominasi oleh pemain jepang termasuk suzuki.

Pada awal terbitnya, suzuki baleno mengusung mesin dengan kapastitas 1600cc. Akan tetapi ada sedikit perubahan untuk suzuki baleno yang di lahirkan pada awal tahun 1999, yang mana mesin dari suzuki baleno facelift pada awal tahun 1999 tersebut di kebiri sekitar 100cc alias turun kasta dengan mengusung mesin 1500cc. Alasan suzuki menurunkan performa mesin pada dapur pacu baleno tidak lain dan tidak bukan hanya untuk bersaing dengan sedan dengan tipe yang sekelas namun tetap irit dari segi bahan bakar. Suzuki baleno dengan kapasitas mesin 1500cc ini terus pasarkan di indonesia sampai dengan tahun 2001 kemudian di gantikan dengan adiknya yakni baleno Next-G.

Walaupun suzuki baleno sudah di kategorikan dalam daftar mobil tua, namun mobil tersebut sampai saat ini masih mampu bersaing dengan mobil keluaran terbaru. Hal ini di karenakan bentuk body baleno yang tidak lekang di makan jaman dan performa mesinnya pun masih sangat bisa diandalkan. Selain itu spare part dan suku cadang suzuki baleno sendiri masih tersedia sampai saat ini, inilah salah satu alasan mengapa orang lebih memilih mobil baleno untuk penunjang mobilitas mereka.

Untuk review mengenai kelebihan dan kekurangan suzuki baleno mari kita lihat ulasan lengkap berikut ini.

Melihat tingginya permintaan akan mobil sedan kompak pada kala itu, suzuki baleno hadir dengan design exterior yang lebih modern dan menanggalkan design exterior dari pendahulunya. Hal ini dapat terlihat dari segi tampilan suzuki baleno yang lebih bongsor namun tetap menawan. Design exterior baleno sendiri terbagi menjadi dua varian, varian pertama (prefacelift) baleno dapat di kenal dengan sangat mudah dari head lamp yang berbentuk persegi kotak memanjang dengan perpadual grill depan yang lebih tipis dan minimalist.

Namun perbedaan terlihat pada design exterior pada varian ke dua baleno (facelift), yang mana baleno terlihat lebih eksklusif dengan tampilan head lamp depan yang lebih modern berbentuk lebih bulat dengan bahan polycarbonate mengikuti trend pada saat itu. Di tambah dengan perubahan yang mencakup pada bagian grill yang tampil agak lebih besar, bonnet dengan bentuk terbaru dan juga bumper yang terlihat lebih meruncing.

Melihat design exterior suzuki baleno pada bagian belakang ternyata tidak terlalu banyak mengalami perubahan, pada stop lamp bagian belakang suzuki facelift tetap menggunakan head lamp yang di terapkan pada suzuki baleno sebelumnya. Hal ini di pertahankan karena agar baleno tetap tampil menawan dengan ciri khasnya sendiri jika di lihat dari belakang.

Setelah hadirnya baleno versi facelift tersebut sedikit banyak suzuki bisa menggeser mobil jenis sedan kompak dari pesaingnya, yang mana baleno facelift tersebut lebih banyak di minati oleh konsumen otomotif tanah air.

 

1. Review Interior Suzuki Baleno

Melihat sisi dari design interior baleno anda akan di sajikan dengan kesan interior yang terlihat lebih modern dan nyaman. Terlihat bagaimana suzuki merancang design interior baleno dengan begitu rapih pada bagian dasboardnya terdapat tombol-tombol kontrol yang sangat modern dan tersusun rapih pada bagian tengahnya.

Selain itu terdapat kisi-kisi Air Conditioner (AC) yang lebih besar seperti yang di terapkan pada sebagian mobil eropa. Namun kisi-kisi AC tersebut berbeda bentuk dengan baleno faceliftnya, dimana baleno facelift memiliki kisi-kisi AC yang berbentuk lebih horizontal.

Dan fitur yang sangat jarang pada masa itu adalah fitur heater, yang mana fitur heater tersebut sudah di benamkan dalam kabin baleno ketika anda berada dalam cuaca yang sangat dingin maka anda langsung bisa menggeser tuas AC untuk langsung mengaktifkan fitur heater.

2. Review Performa Dan Mesin Suzuki Baleno

Melihat performa mesin pada suzuki baleno, mobil tersebut memiliki mesin yang berbeda pada setiap variannya. Mesin yang di usung pada baleno 1st gen sendiri terdapat dua varian berbeda yakni mesin dengan kode G16B dengan kapasitas mesin 1600cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 99 hp dengan putaran mesin pada 6000 RPM dan besar torsi 127 NM pada putaran mesin paling rendah hingga 3200 RPM.

Berbeda dengan varian mesin baleno facelift yang mana mobil baleno facelift ini hanya mengusung mesin dengan kode G15B yang artinya hanya berkapasitas 1500cc. Namun jangan salah sanga dulu, walaupun baleno mengusung mesin dengan kapasitas 1500cc, mesin tersebut tidak kalah performanya dengan mesin sebelumnya yang berkapasitas 1600cc.

Walaupun mesin 1600cc lebih besar namun tenaga yang di hasilkan oleh mesin 1500cc lebih responsif yang bisa menyemburkan tenaga hingga 103 HP pada titik putaran mesin 6000 RPM dengan puncak torsi 128 NM pada putaran 4500 RPM. Dan terdapat kelebihan yang mencolok pada mesin G15B ini, yang mana mesin dengan kode G15B lebih irit bahan bakar pada kondisi macet. So, anda tidak perlu khawatir akan boros bahan bakar selama menggunakan baleno dengan mesin 1500cc.

 

3. Review Handling Suzuki Baleno

Untuk handling sendiri suzuki baleno memang mantab jika dalam kabin terdapat banyak beban, mobil ini bisa di bilang stabil saat mengangkut beban atau banyak penumpang. Menurut pengalaman jika mobil ini dalam keadaan kosong penumpang alias tidak ada beban maka mobil ini akan sedikit mengalami limbung. Hal ini di karenakan suspensi dan kaki-kaki baleno terlalu lembut sehingga membuat mobil ini kurang stabil jika di pacu dalam kecepatan tinggi tanpa penumpang.

Berikut adalah penjelasan detil mengenai kekurangan dan kelebihan mobil suzuki baleno.

Kelebihan Suzuki Baleno

  1. Populasi Banyak
  2. Mesin Responsif & Injeksi
  3. Kaki-Kaki Kuat & Empuk
  4. Interior Modern
  5. Body Exterior Tidak Ketinggalan Jaman
  6. Spare part dan suku cadang mudah di dapat dan murah
  7. Banyak montir yang mengerti
  8. Minim perawatan
  9. Iri bahan bakar minyak (BBM)
  10. Harga Murah Tapi Tidak Murahan

Kekurangan Suzuki Baleno

  1. Mobil Sering Limbung
  2. Kabin Kurang Kedap Suara (Berisik)
  3. Sandaran Bangku Belakang Kurang Nyaman
  4. Klaher / Bearing Sering Rusak
  5. Harga Jual Kembali Jatuh

Menurut survey di lapangan harga jual beli untuk mobil suzuki baleno seken berkisar di angka 40 s/d 60 juta, namun semua tergantung dari kondisi mobil itu sendiri. Semakin mobil tersebut terawat maka harga jual kembalinya pun masih bisa di perhitungkan. Bahkan mobil baleno bisa menembus angka 80 juta jika mobil tersebut sudah di modifikasi dengan bagus dan banyak menarik perhatian orang.

Tags: #bodykit baleno #cv joint baleno #gearbox baleno #kaki kaki berisik #mesin suzuki baleno #mobil murah #mobil tua 15jt #modifikasi baleno #nomor mesin baleno #nomor rangka baleno #onderdil baleno #outer joint baleno #parts baleno #power steering baleno #power window baleno #service kaki kaki #suzuki baleno #velg baleno

Tanda-Tanda Penggunaan Oli Mesin Mobil Yang Salah
Tanda-Tanda Penggunaan Oli Mesin Mobil Yang Salah
Tugas oli mesin mobil adalah menjaga semua
7 Benda Yang Harus Disimpan Dalam Mobil Untuk Keadaan Darurat
7 Benda Yang Harus Disimpan Dalam Mobil Untuk Keadaan Darurat
Selalu merupakan ide yang baik untuk bersiap
Cara Memilih Wax Mobil Terbaik dan Mudah Diaplikasikan
Cara Memilih Wax Mobil Terbaik dan Mudah Diaplikasikan
Sebelum kita membahas jenis-jenis wax, kita harus
Petunjuk Mengatasi Permasalahan Umum Pada Dash Cam Garmin
Petunjuk Mengatasi Permasalahan Umum Pada Dash Cam Garmin
Apakah Anda mengalami masalah dengan dash cam

Tinggalkan pesan "Melihat Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Suzuki Baleno 1st Gen"


Top