Petunjuk Menanam Tomat di Dalam Pot atau Kontainer Plastik

Di Tanaman Pekarangan 76 views

Menanam tomat dalam wadah – misalnya kontainer atau pot plastik – sering kali merupakan pilihan yang sangat tepat jika kamu memiliki ruang kebun terbatas atau tidak memiliki tanah kebun kurang ideal untuk menanam tomat.

Ada tiga kunci sukses menanam tomat dalam wadah: memilih varietas tomat yang tepat, penanaman yang tepat, dan perawatan berkelanjutan. Perhatikan ketiga hal ini, maka kamu tidak akan gagal menanam tomat di dalam wadah yang terbatas.

Tomat adalah sayuran musim panas, tumbuh lambat yang membutuhkan waktu 150 hari untuk tumbuh maksimal dari biji. Sehingga cocok di tanam di negara yang beriklim tropis seperti di Indonesia.

Petunjuk Menanam Tomat dalam Kontainer atau Pot Plastik

Tomat dapat ditanam hanya dengan menaburkan benih di atas tanah, dan kemudian ditaburi dengan lapisan tanah tipis lainnya (cukup 1-2 cm). Jika kamu memiliki tomat di lemari es, kamu cukup membelahnya dan menaburkan bagian dalamnya di atas tanah dan menutupinya dengan ringan. Dalam dua minggu kamu akan melihat bibit kecil mulai bermunculan. Setekah tingginya kurang lebih 1 jengkal, maka kamu siap memindahkan tomat-tomat tersebut ke wadah kontainer atau pot yang lebih besar. Jika kamu menanamnya pada kontainer besar, pastikan jarak antar tanaman adalah minimal 50cm.

Saat menanam tomat, taruh sedikit tanah di dasar wadah dan tempatkan tanaman tomat. Kubur batangnya tepat di bawah set daun terendah. Akar baru akan tumbuh di sepanjang bagian batang yang terkubur, membuat tanaman lebih sehat dan kuat.

Perawatan Tomat

Cahaya matahari

Tomat membutuhkan sinar matahari penuh agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Enam jam sinar terpapar sinar matahari adalah jumlah minimum pencahayaan untuk tomat.

Tanah

Tanah organik berkualitas sangat untuk tomat — jangan gunakan tanah yang digali langsung dari kebun. Karena cenderung menjadi semakin padat seiring berjalannya waktu. Tanah gambut atau tanah berbasis kompos yang baik dapat digunakan untuk tomat yang tumbuh di dalam wadah.

Air

Tomat membutuhkan kelembapan, jadi pastikan untuk menyiram secara teratur. Cara terbaik untuk mengetahui kapan harus menyiram adalah dengan memasukkan jari ke dalam tanah, jika terasa kering maka sudah saatnya melakukan penyiraman.

Suhu dan Kelembaban

Sebagai tanaman asli dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara, tomat adalah sayuran musim panas yang tidak dapat menerima terlalu banyak panas. Terlalu banyak panas di awal pertumbuhan dapat menghambat pembungaan. Tomat umumnya menyukai lingkungan yang agak lembab.

Pupuk

Hal tersulit tentang menanam tomat dalam pot mempertahankan nutrisi dalam tanah, karena setiap kali di siram, nutrisi tanah akan ikut terlarut. Untuk mengatasi hal ini, di butuhkan pemupukan secara teratur, dengan menggunakan pupuk alami. Lakukan pemupukan 2 minggu sekali, atau maksimal sebulan sekali.

Memilih Pot atau Kontainer Plastik Tempat Menanam Tomat

Secara umum, pot plastik atau fiberglass adalah yang terbaik untuk menanam tomat karena beberapa alasan. Plastik dan fiberglass, tidak seperti pot tanah liat, tidak cepat kering, dan meskipun tomat menyukai panas, mereka tidak suka kering, dan tanah kering sangat merugikan produksi buah.

Tomat perlu tumbuh dalam pot yang cukup besar. Opsi yang murah, kamu dapat menanam tomat dalam ember yang biasanya di gunakan untuk menimba air. Pot ember seperti ini memiliki ukuran yang sempurna, dan harganya murah.

Setelah kamu memiliki pot atau wadah, pastikan wadah atau pot tersebut memiliki drainase yang memadai; tanaman tomat akan membusuk jika terus-menerus tersentuh tanah yang basah. Sebagian besar pot yang dibeli memiliki lubang drainase di bagian bawah, tetapi jika kamu menggunakan ember, bor beberapa lubang di bagian bawahnya. Lapisi lubang air dengan selembar kasa jendela untuk menutupinya. Dengan cara ini air bisa mengalir keluar, tetapi tanah tidak akan ikut keluar.

Oke guys, sekian dulu penjelasan singkat tentang petunjuk menanam tomat di dalam pot atau wadah/kontainer plastik. Dengan mengikuti petunjuk di atas, maka tomat akan tumbuh dengan subur dan berbuah lebat. Tomat tidak hanya bermanfaat untuk mempercantik pekarangan atau kebun rumah, namun buahnya juga dapat di konsumsi sendiri.

Tags: #kebun #komoditas #tomat

Sukses Budidaya Sirih Cina: Superfood Yang di Anggap Gulma
Budidaya sirih cina – Sirih cina (Peperomia
7 Cara Sukses Bagaimana Agar Pohon Sawo Berbuah Lebat
Bagaimana agar pohon sawo berbuah lebat –
Panduan Menanam Pare di Pekarangan Rumah atau Taman
Siapa yang tidak kenal dengan pare? Pare
Cara Merawat Tanaman Cabe Rawit Agar Berbuah Lebat
Cara Merawat Tanaman Cabe Rawit Agar Berbuah Lebat
Cara merawat tanaman cabe rawit agar berbuah

Tinggalkan pesan "Petunjuk Menanam Tomat di Dalam Pot atau Kontainer Plastik"


Top