3 Penyebab Mesin Mobil Panas Dan Over Hit

Di Komponen Otomotif 40 views

Pada umumnya mesin mobil memang panas, namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai mesin mobil yang panas atau temperaturenya tidak normal alias over hit! Over hit sendiri artinya kelebihan panas yang melampaui batas yang sewajarnya sehingga membuat mobil trouble dan mogok seketika.

Banyak faktor yang membuat mesin mobil over hit, hal ini di karenakan salah satu komponen mobil yang berkaitan dengan mesin ada yang tidak bekerja secara maksimal sehingga mobil cepat panas dan over hit bahkan mobil bisa mati mendadak karena suhu temperature melampaui batas normal.

Namun anda tak perlu khawatir pada kesempatan ini tim modifikasiterbaru.top akan membagi sedikit tips jika mobil anda mengalami masalah over hit, berikut adalah tips mengatasi mesin mobil yang panas dan over hit.

Analisa Komponen Penyebab Mesin OverHit

1. Masalah Pada Radiator

Hal yang pertama yang bisa anda lakukan ketika mobil anda cepat panas alias over hit cek pada bagian radiatornya, mengecek pada bagian radiator jangan melihat dari fisiknya saja yang keliatan normal.

Walaupun radiator tidak bocor namun bisa jadi penyebabnya radiator kotor dan mampet sehingga sirkulasi air pada kisi-kisi radiator tidak berputar maksimal. Secara tidak langsung menyebabkan temperature mesin mobil panas dan over hit sehingga mobil mogok dan mati secara mendadak.

2. Water Pump Rusak

Langkah kedua anda bisa mengecek pada bagian water pump, jika water pump rusak maka air yang berada pada radiator mobil tidak dapat di pompa ke bagian mesin. Maka bisa di pastikan mesin akan mengalami temperature panas dan over hit karena air yang berada pada radiator tidak dapat menjangkau mesin akibat water pumpnya rusak.

Penyebab dari kerusakan water pump itu sendiri di akibatkan oleh kualitas air yang biasa anda pakai untuk radiator kurang baik, maka dari itu baling-baling water pump akan mengalami korosi alias berkarat. Maka dari itu water pump tidak dapat bekerja secara maksimal untuk memompa air dari radiator yang mengarah ke bagian mesin.

Untuk itu gunakan selalu air yang berkualitas untuk mencegah radiator serta water pump agar terhindar dari karat dan korosi. Anda bisa menggunakan air jenis coolant yang di khususkan untuk di gunakan pada radiator, coolant adalah air jenis kimia yang di rancang untuk pengganti air biasa pada kendaraan agar terhindar dari kerusakan komponen khususnya radiator dan water pump.

3. Oli Mesin Kurang

Langkah selanjutnya anda bisa mengecek oli mesin, biasanya oli mesin juga berpengaruh pada temperature kendaraan. Pastikan oli tidak kurang dari batas yang sesuai dengan standartnya. Mengecek oli mesin pastinya bisa dengan menarik tuas pengukur oli mesin yang berada di dalam kap mesin itu sendiri.

Dan jangan lupa juga anda selalu mengecek pompa oli dengan melihat lampu indikator oli yang berada pada bagian panel speedo meter mobil, pastikan lampu indikator oli berfungsi dengan baik. Biasanya jika lampu indikator oli bekerja dengan baik, lampu tersebut akan menyala jika pompa oli rusak. Jika pompa oli rusak maka bisa di pastikan mesin akan panas dan over hit, bahkan dampak buruknya bisa membuat mesin slip.

Ok guys segitu dulu sharing kita mengenai Penyebab Serta Solusi Mesin Mobil Panas Dan Over Hit semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda. (Done)

Tags: #air radiator berkurang #lem radiator #mesin mobil #mesin motor #mesin overhit #mesin panas #oli campur air #radiator bocor #radiator mendidih #radiator rusak #radiator tersumbat #spare parts water pump #waterpump bocor #waterpump tidak fungsi

Haruskah Kita Memanaskan Mesin Mobil Sebelum Mengendarainya?
Haruskah Anda memanaskan mobil sebelum mengendarainya? Ini
Penyebab Mesin Sudah Hidup Karena Karburator Sering Banjir
Karburator adalah salah satu jantung yang terdapat
Ini Dia Penyebab Nap Roda Charade Goyang / Oblak
Punya mobil charade tua? atau baru aja
Waspada! Ini Dia Penyebab Radiator Mobil Bocor
Radiator adalah salah satu komponen penting yang

Tinggalkan pesan "3 Penyebab Mesin Mobil Panas Dan Over Hit"


Top