Panduan Perjalanan Wisata Selama 3 Hari di Yogyakarta

Di Travelling 62 views

Tidak mengherankan jika perjalanan wisata ke Yogyakarta menjadi semakin populer. Di provinsi ini terdapat beberapa destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Diantaranya, bangunan-bangunan yang memukau, gunung-gunung yang menakjubkan, dan pantai-pantai yang indah. Ada banyak petualangan unik untuk dilakukan dalam perjalanan Anda di Yogyakarta!

Dalam kesempatan kali ini, redaksi Indogado akan memberikan informasi tentang perjalanan wisata selama 3 hari di Yogyakarta. Tentunya, dalam 3 hari perjalanan ini, Anda akan dihadapkan dengan banyak keseruan berwisata di destinasi unik ala Yogyakarta!

PERSIAPAN PERJALANAN WISATA YOGYAKARTA

Yogyakarta adalah ibu kota budaya Pulau Jawa. Disini terdapat kerajaan asli Pulau Jawa hingga monumen bersejarah seperti candi-candi yang sangat monumental dan menakjubkan. Selain itu, ada begitu banyak hal yang bisa dilakukan di kota budaya ini.

Dalam posting ini, kami berbagi petunjuk arah ke tempat-tempat terbaik di Yogyakarta, tips untuk pengunjung, dan inspirasi untuk perjalanan Anda berikutnya ke Yogyakarta dalam 3 hari.

TRANSPORTASI MENUJU YOGYAKARTA

Yogyakarta berada di antara bagian tengah dan selatan pulau Jawa, dan merupakan daerah yang memiliki otonomi tersendiri. Oleh karena itu, Yogyakarta secara teknis bukan “Jawa Tengah” meskipun secara geografis terletak di sana.

Anda dapat mencapai daerah ini dengan pesawat atau kereta api dari Jakarta atau Surabaya. Daerah ini cukup mudah diakses oleh wisatawan dan memiliki fasilitas seperti hotel, restoran, dan pemandu wisata untuk liburan Anda.

Ada banyak promo transportasi murah yang biasanya ditawarkan oleh travel daring. Jadi pastikan Anda selalu mengawasi app travel daring agar Anda tidak melewatkan promo terbaik ke Yogyakarta.

HAL-HAL YANG PERLU DIKETAHUI TENTANG YOGYAKARTA SEBELUM ANDA BERKUNJUNG

Yogyakarta dikenal sebagai pusat budaya untuk seni rupa, musik, dan sejarah Jawa. Dari wayang kulit hingga bangunan-bangunan candi kuno. Semuanya menyimpan pesona Yogyakarta yang budayanya sangat kental dan kaya dengan cerita sejarah. Tempat ini juga sangat umum disebut Jogjakarta, atau Jogja untuk pendeknya!

Cuaca di pegunungan Jawa Tengah sejuk dan cukup nyaman. Namun pada siang hari, cuacanya panas dan matahari langsung menyengat. Ada baiknya selalu membawa sweater ringan sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam.

Banyak orang di kota ini menguasai dua bahasa – Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa. Pastikan Anda menguasai beberapa frasa untuk menghormati atau sekedar memberikan salam kepada penduduk setempat dan budaya mereka yang indah.

KAPAN WAKTU TERBAIK UNTUK MENGUNJUNGI YOGYAKARTA?

Waktu terbaik untuk mengunjungi Yogyakarta adalah selama musim kemarau, yaitu antara bulan April dan Oktober. Anda dapat mengunjungi Yogyakarta di musim hujan (September hingga Maret) tetapi berisiko hujan menghalangi aktivitas Anda, terutama jika Anda sering berada di luar ruangan.

PANDUAN PERJALANAN WISATA SELAMA 3 HARI DI YOGYAKARTA

RENCANA PERJALANAN YOGYAKARTA HARI #1 (MENJELAJAHI KOTA YOGYAKARTA)

1. JALAN MALIOBORO

Jalan Malioboro adalah jalan paling terkenal di Yogyakarta. Arah jalan ini penting bagi penduduk setempat, karena menghubungkan keraton (Kraton Yogyakarta) dan pegunungan, termasuk Gunung Merapi, dalam satu garis lurus.

Jalan Malioboro yang legendaris

Jalan ini adalah tempat yang sangat terkenal bagi wisatawan, karena memiliki segalanya mulai dari restoran, hotel, hingga belanja dan makanan jalanan yang lezat. Jalanan biasanya ramai dengan orang-orang dan penjual gerobak, membuat daerah ini menjadi lokasi yang sangat ramai (banyak kebisingan, asap, suara, dan banyak lagi).

Anda juga akan menemukan banyak seniman di sepanjang Jalan Malioboro. Dari pelukis hingga pemain musik, semua orang mencoba menunjukkan bakat mereka di sini!

Cara termudah untuk mengunjungi Yogyakarta adalah dengan menginap di hotel atau Airbnb di kota ini. Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah berjalan kaki ke tempat-tempat wisata dengan naik transportasi umum, transportasi online atau naik taksi ke tujuan Anda.

2. UNIVERSITAS DI YOGYAKARTA

Yogyakarta adalah rumah bagi para pemikir brilian dan inovator yang bersemangat di Indonesia. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah universitas yang ada di kota ini – tepatnya 21 universitas! Anda akan melihat bahwa banyak anak-anak muda tinggal di Yogyakarta dan ini karena banyak yang datang untuk belajar di sini.

Berikut adalah 10 universitas terbaik di Yogyakarta:

  • Universitas Gadjah Madah
  • Universitas Negeri Yogyakarta
  • Universitas Islam Indonesia
  • Universitas Atma Jaya, Yogyakarta
  • Universitas Muhammadiyah, Yogyakarta
  • Universitas Duta Wacana Yogyakarta
  • Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Yogyakarta
  • Universitas Janabadra
  • Universitas Teknologi, Yogyakarta

3. MAKAN ENAK DI KOTA YOGYAKARTA

Ada baiknya Anda menyiapkan bekal sendiri saat berkeliling Yogyakarta agar perjalanan Anda bisa menjadi lebih hemat dan lebih mudah.

Kami juga menyarankan untuk mencoba makanan jalanan! Makanan ini dapat dikonsumsi dengan aman jika makanannya panas saat disajikan. Trik yang kami rekomendasikan adalah pergi ke kedai makanan jalanan yang sangat populer.

Kedai makanan kaki lima yang populer menandakan bahwa hanya ada sedikit waktu untuk makanan berada pada suhu ruangan, sehingga Anda dapat mengharapkan makanan Anda menjadi panas, lezat, dan yang terpenting, lebih aman untuk dikonsumsi!

Cobalah hidangan Jawa dan Indonesia yang otentik ini untuk memaksimalkan rencana perjalanan 3 hari Anda di Yogyakarta:

  • Nasi Goreng
  • Mie Ayam Bu Tumini
  • Bakso Raksasa di Bakso Klenger
  • Gudeg Pawon

4. OBJEK WISATA LAIN DI YOGYAKARTA

MASJID BAWAH TANAH (SUMUR GUMULING)

Dibuka pada pukul 9:00 pagi, Masjid Bawah Tanah (dikenal sebagai Sumur Gumuling) adalah salah satu tempat paling unik untuk dilihat di Yogyakarta. Sangat penting untuk merencanakan perjalanan Anda lebih awal, karena Sumur Gumuling bisa menjadi sangat padat di siang hari.

Jalan setapak akhirnya membawa Anda ke pusat kompleks, menuju ke udara terbuka dalam bentuk piramida yang indah dengan langit-langit melingkar. Ini adalah bagian indah dari arsitektur Muslim yang mempesona dan harus Anda kunjungi di Yogyakarta.

ISTANA AIR (TAMAN SARI)

Bangunan ini memiliki perpaduan yang indah antara arsitektur Belanda dan Jawa yang wajib dikunjungi di Yogyakarta. Biaya masuk ke Istana Air / Taman Sari adalah sekitar Rp 15.000. Istana Air dan Masjid Bawah Tanah dapat dengan mudah dilihat bersamaan dalam perjalanan yang sama.

RENCANA PERJALANAN YOGYAKARTA HARI #2 (MENJELAJAHI CANDI)

1. CANDI BOROBUDUR

Foto candi Borobudur dari kejauhan

Candi Borobudur adalah Situs Warisan Dunia UNESCO, yang berarti memiliki makna sejarah yang layak untuk dilestarikan dan dilindungi.

Ini adalah kompleks candi Buddha terbesar di dunia dan candi Buddha yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Mudah dikenali dari 72 stupa (struktur berbentuk lonceng) di sekeliling bagian atas kuil dengan patung Buddha berada di dalamnya. Dikatakan bahwa jika Anda dapat menyentuh telinga kiri Buddha di dalam stupa, Anda akan menerima keberuntungan.

Agar lebih mudah, Anda bisa membeli tiket masuk ke Borobudur lebih dulu lewat app travel daring yang menawarkan penjualan tiket masuk ke tempat-tempat atraksi/destinasi wisata.

2. CANDI PRAMBANAN

Candi Prambanan terletak tepat di luar kota Yogyakarta, sekitar 30 menit berkendara (16km). Candi yang satu ini bukanlah candi Buddha, melainkan candi Hindu – yang terbesar di Indonesia.

Candi Prambanan konon dibangun pada abad ke-8, dengan banyak cerita indah dan cerita rakyat seputar asal-usulnya. Datanglah ke kompleks candi ini untuk menjelajahi taman-taman yang indah, melihat reruntuhan dari dekat, dan bahkan mengintip ke dalam beberapa candi yang lebih besar, yang didedikasikan untuk dewa Hindu, Siwa.

3. CANDI-CANDI LAIN DI YOGYAKARTA

Jika Anda ingin menemukan lebih banyak lagi candi-candi di luar jalur Yogyakarta, ada banyak pilihan! Daerah Istimewa Yogyakarta adalah pusat spiritual selama berabad-abad, sehingga Anda dapat dengan mudah mengunjungi candi-candi yang lebih kecil dan kurang dikenal untuk pengalaman yang lebih seru.

Berikut adalah beberapa candi di Yogyakarta yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi:

  • Ratu Boko
  • Candi Sewu
  • Desa Wisata Tama Sari
  • Candi Mendut
  • Candi Pawon
  • Candi Sambisari
  • Candi Plaosan
  • Candi Pawon dan Mendut (dekat Borobudur)

RENCANA PERJALANAN YOGYAKARTA HARI #3 (MENJELAJAHI PEGUNUNGAN)

1. PUNCAK BECICI

Puncak Becici (juga disebut Puncak Pinus Becici) adalah objek wisata yang merupakan sisi tebing. Tempat ini dikenal karena pemandangannya yang luar biasa dari dua gunung, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Pemandangan Puncak Becici

Ada biaya masuk ditempat destinasi wisata ini, tapi tenang, biaya masuknya murah kok, dibawah 20.000 rupiah. Jangan lupa juga siapkan uang kecil untuk membayar retribusi parkir.

Pintu masuk kawasan ini dimulai seperti banyak objek wisata Indonesia lainnya. Ada beberapa stan makanan kecil, tempat untuk mengambil foto berpose dan melihat atraksi seperti wahana kecil.

Jika Anda terus mengambil jalan setapak menuju sisi tebing, ada lebih banyak tempat untuk dijelajahi di Puncak Becici. Tempat ini memiliki beberapa platform untuk berfoto, termasuk sarang burung, rumah pohon, dan kereta fantasi yang menyenangkan.

2. BUKIT PANGUK KEDIWUNG

Bukit Panguk Kediwung adalah salah satu destinasi favorit di Yogyakarta. Beberapa platform berjejer di tebing dan pengunjung memiliki pemandangan 180+ derajat yang luar biasa dari lembah dan bukit-bukit di sekitarnya.

Kami sangat menyarankan untuk mengunjungi daerah ini di pagi hari. Begitu matahari terbit, Anda harus segera mencari tempat untuk berteduh, karena sengatan matahari disini cukup panas!

Harga tiket masuknya adalah Rp 2.500 untuk pengunjung domestik dan Rp 10.000 untuk wisatawan internasional. Juga, bersiaplah untuk membayar Rp 5.000 untuk memarkir mobil Anda.

Tip Pro Perjalanan Yogyakarta: Bawalah banyak uang kecil. Anda akan dikenakan biaya untuk platform yang anda gunakan untuk berfoto. Selama waktu-waktu sibuk dalam sehari (pagi dan sore hari) para pekerja mengawasi untuk melihat tempat mana yang Anda kunjungi dan akan meminta Anda untuk membayarnya di akhir.

Apakah Anda mencari lebih banyak kegiatan untuk ditambahkan ke rencana perjalanan di Yogyakarta? Ada begitu banyak hal yang harus dilakukan sehingga kita tidak mungkin bisa melihat semuanya dalam tiga hari! Jika Anda tinggal lebih lama, pertimbangkan hal-hal menyenangkan ini untuk dilakukan di sekitar kota:

  • Mengunjungi Desa Gerabah Karanganyar
  • Mengunjungi Kota Gede
  • Kunjungi Museum Batik
  • Lihat Keraton Kraton
  • Jelajahi Gunung Merapi
  • Jelajahi Gua Jomblang

Tags: #jogja eco wisata penipuan #wisata jogja anak muda #wisata jogja anti mainstream #wisata jogja bersama anak #wisata jogja bumi merapi #wisata jogja cocok untuk anak #wisata jogja cocok untuk keluarga #wisata jogja edukasi anak #wisata jogja estetik #wisata jogja heha ocean view #wisata jogja instagramable #wisata jogja instagramable 2022 #wisata yogyakarta 2022 #wisata yogyakarta dekat malioboro #wisata yogyakarta dekat stasiun lempuyangan #wisata yogyakarta gunung kidul #wisata yogyakarta ramah anak

Panduan Tur dan Perjalanan ke Danau Segara Anak
Panduan Tur dan Perjalanan ke Danau Segara Anak
Danau Segara Anak adalah danau kaldera dengan
Wisata Curug Malela, Konon Mirip Dengan Air Terjun Niagara!
Wisata Curug Malela, Konon Mirip Dengan Air Terjun Niagara!
Wisata Curug Malela memiliki keunikan tersendiri. Wisata
Pesona Destinasi Pantai Wediombo Gunung Kidul
Tidak akan ada habisnya jika kita membahas
Rekomendasi 10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik
Rekomendasi 10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik
10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik

Tinggalkan pesan "Panduan Perjalanan Wisata Selama 3 Hari di Yogyakarta"


Top