Panduan Tur dan Perjalanan ke Danau Segara Anak

Di Travelling 41 views

Danau Segara Anak adalah danau kaldera dengan gunung berapi aktif tertinggi di dunia. Berada tepat pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Danau ini sangat indah dengan air yang berwarna biru yang menyimpan banyak cerita mistis. Segara Anak secara harfiah memiliki makna sebagai “Anak Laut”.

Danau ini merupakan bagian dari Gunung Rinjani di Pulau Lombok. Danau Segara Anak memiliki kedalaman 200 meter yang terbentuk oleh letusan besar ratusan tahun yang lalu. Salah satu keunikan danau ini adalah terdapat gunung berapi aktif di tengah danau. Sebagian danau mengalir ke jurang yang curam membentuk satu air terjun besar dan beberapa air terjun yang lebih kecil.

Panduan Tur dan Perjalanan ke Danau Segara Anak

Dari tepi kawah, Danau Segara Anak terdapat turunan tajam dengan panjang sekitar 600 meter. Perjalanan ke tepi kawah adalah pendakian yang menantang di medan yang curam dan tebing yang tinggi. Tetapi kelelahan Anda akan terbayar dengan pemandangan panorama matahari terbenam yang menakjubkan di atas Gunung Rinjani. Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk berenang di air hangat danau yang menenangkan untuk meredakan kelelahan tubuh dan otot Anda setelah berjalan menanjak.

Untuk sampai ke Danau Segara Anak, Anda kami rekomendasikan untuk bergabung dengan grup tur hiking ke Gunung Rinjani. Sangat mudah untuk sampai ke Taman Rinjani melalui transportasi pribadi dan umum karena tempat ini merupakan daya tarik utama di Lombok. Mobil sewaan, sepeda, dan bus tersedia untuk menuju Gunung Rinjani dari pusat Lombok yang kira-kira akan memakan waktu perjalanan selama 3 jam perjalanan.

Bersama grup tur, anda akan mengambil rute Sembalun Lawang dari Rinjani Trek Center, Anda bisa berjalan melewati perbukitan dengan pemandangan yang menakjubkan. Untuk mencapai Danau Segara Anak, turunlah sekitar 600 meter ke tepi danau kawah dan Anda akan mencapai area di mana Anda dapat mendirikan tenda untuk berkemah dan mandi di air panas. Ada air terjun di dekat danau juga dan Anda juga diperbolehkan untuk memancing di sini jika Anda membawa peralatan memancing yang dibutuhkan.

Hal lain yang bisa dilakukan di Danau Segara Anak

Di Sembalun Lawang, ada beberapa jalur jalan kaki populer yang akan membawa Anda ke desa-desa terpencil yang terkenal dengan produksi kain tenun. Di Senaru, luangkan waktu Anda untuk menjelajahi desa-desa setempat. Ada beberapa air terjun yang bagus di daerah ini yang semuanya dicapai melalui pendakian yang cukup landai.

Oleh-oleh khas Danau Segara

Di Sembalun Lawang dan sekitarnya, Anda akan memiliki kesempatan untuk membeli kain tenun tangan yang unik dan berkualitas tinggi. Karena Anda akan mendapatkan pengalaman alam yang indah di sekitar, foto-foto Danau Segara Anak yang bagus juga bisa Anda cetak dan jadikan sebagai hadiah yang tak terlupakan untuk teman dan anggota keluarga Anda. Anda dapat mencoba mengambil foto danau di malam hari ketika Anda melihat matahari terbenam di balik Gunung Rinjani.

Untuk sampai ke Danau Segara Anak, Anda dapat memilih untuk mengambil rute Senaru atau Sembalun Lawang. Biasanya rute yang diambil adalah rute Sembalun Lawang, karena lebih aman dan memiliki pemandangan indah. Sedangkan rute Senaru adalah rute yang penuh dengan hutan tropis.

Tips Wisata di Danau Segara Anak

Sebaiknya Anda mempersiapkan perubahan suhu yang drastis. Suhu di puncak sangat dingin (4 sampai 5°C). Oleh karena itu, pakaian hangat yang tahan angin adalah suatu keharusan untuk dibawa.

Karena gunung berapi yang sangat aktif, selalu waspada terhadap penilaian aktivitas letusan terbaru. Perlu untuk mengawasi sumber-sumber informasi geologi terutama Laporan Aktivitas Vulkanik dari BMKG.

Pastikan bahwa pemandu Anda berpengalaman, dilengkapi dengan peralatan dan perbekalan yang memadai.

Ada berbagai paket yang bisa Anda pilih untuk menjelajahi alam di Gunung Rinjani yang terkenal di Lombok. Jika Anda hanya ingin mendaki ke tepi kawah Danau Segara Anak, pilihlah perjalanan 2 hari 1 malam. Perjalanan yang lebih lama hingga 3 malam juga tersedia. Sangat disarankan untuk memilih paket all-inclusive yang akan menanggung biaya tambahan untuk transportasi, perbekalan, makanan, biaya porter dan biaya masuk taman.

Biaya tur ke Danau Segara Anak cukup bervariasi, antara Rp. 1.500.000 sampai dengan Rp. 3.000.000 tergantung dengan fasilitas yang Anda dapatkan.

Tags: #cara ke danau segara anak #cuaca danau segara anak #danau segara anak berada di provinsi #danau segara anak di gunung rinjani terbentuk #danau segara anak rinjani #danau segara anak terdapat di pulau #danau segara anak termasuk danau #foto danau segara anak #gambar danau segara anak #segara anakan rinjani

Wisata Curug Malela, Konon Mirip Dengan Air Terjun Niagara!
Wisata Curug Malela memiliki keunikan tersendiri. Wisata
Pesona Destinasi Pantai Wediombo Gunung Kidul
Pesona Destinasi Pantai Wediombo Gunung Kidul
Tidak akan ada habisnya jika kita membahas
Rekomendasi 10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik
Rekomendasi 10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik
10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik
Menikmati Keindahan Sunset di Wisata Alam Kalibiru
Menikmati Keindahan Sunset di Wisata Alam Kalibiru
Hai, sobat traveller nusantara, terutama untuk sobat

Tinggalkan pesan "Panduan Tur dan Perjalanan ke Danau Segara Anak"


Top