Panduan Tur Ke Gunung Bromo Dengan Budget Terbatas

Di Travelling 52 views

Jika Anda mencari pemandangan epik dan petualangan seru pada destinasi wisata dalam negeri, maka informasi dalam artikel ini sangat cocok untuk Anda! Dalam artikel singkat kali ini, kami akan membagikan tips dan panduan tur ke Gunung Bromo dengan budget terbatas. Mau tahu bagaimana keseruannya? Yuk, lanjutkan membaca.

Untuk berwisata ke Gunung Bromo, Anda harus memiliki keberanian ekstra. Kombinasi dari wilayah yang tidak diketahui, penipuan, dan banyaknya pengunjung dapat membuat perjalanan di Gunung Bromo menjadi hal yang sangat menantang untuk dilakukan.

Panduan tur Ke Gunung Bromo Dengan Budget Terbatas

Yuk, Kenali Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi aktif yang paling terkenal di seluruh Indonesia. Terletak di dalam kaldera besar, gunung yang megah dan sangat berbahaya ini sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki lebih dari 500.000 pengunjung per tahun yang datang untuk melihat pemandangan matahari terbit yang terkenal di dunia dan untuk mendapatkan kesempatan untuk melihat-lihat gunung berapi aktif.

Panduan Tur Ke Gunung Bromo Dengan Budget Terbatas

Panduan Tur Ke Gunung Bromo Dengan Budget Terbatas

Fakta Dan Informasi Gunung Bromo

Gunung Bromo Terletak di Jawa Timur, Indonesia. Dimana sebagian besar penduduk setempat berbicara dalam bahasa Jawa. Gunung Bromo hanyalah salah satu dari kumpulan gunung di kaldera – ada gunung Semeru, Batok dan Widodaren dan lain-lainnya.

Suhu rata-rata disini sekitar 13 sampai dengan 20 derajat Celcius. Pagi hari bisa sangat dingin, jadi siapkan jaket besar dan topi wol. Sore hari suasana berubah menjadi lebih teduh, jadi bawalah topi ekstra untuk menaungi wajah Anda, dan lengan pendek untuk mengakomodasi cuaca panas.

Rute Menuju Gunung Bromo

Anda bisa mengikuti rute dalam Google Maps, karena rute menuju Gunung Bromo adalah rute yang cukup populer. Untuk sampai ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, ada beberapa rute yang dapat Anda tempuh, dan itu semua tergantung pada titik awal keberangkatan Anda.

Jika Anda ingin ada kesempatan untuk melihat matahari terbit, berangkatlah lebih awal. Sehingga Anda bisa tiba di Cemoro Lawang (tempat masuk Gunung Bromo) sebelum jam 5 pagi.

Biaya Perjalanan Gunung Bromo

Kota kecil Cemoro Lawang menjadi pintu masuk paling umum ke taman nasional Gunung Bromi. Cemoro Lawang berada di pintu masuk timur laut, paling dekat dengan semua spot wisata utama dan pasti dipenuhi dengan semua fasilitas wisata.

Anda juga bisa menyewa kamar hotel di Cemoro Lawang, tetapi tempat-tempat ini dikenal untuk turis, jadi Anda pasti akan membayar mahal untuk dapat menginap disini.

Biaya Masuk Gunung Bromo

Retribusi wisata / tiket masuk Gunung Bromo adalah sebagai berikut:

  • Wisatawan lokal Rp. 29.000 per orang (hari kerja)
  • Wisatawan lokal Rp. 34.000 per orang (hari libur atau akhir pekan)
  • Wisatawan mancanegara Rp. 220.000 per orang (hari kerja)
  • Wisatawan mancanegara 320.000 per orang (hari libur atau akhir pekan)

Bawalah uang tunai untuk membayar, karena pembayaran dengan menggunakan kartu kredit/debit agak susah dilakukan.

Anda bisa membeli tiket masuk Gunung Bromo di Cemoro Lawang dan di tempat yang sama, Anda juga bisa menyewa mobil jeep untuk berkeliling Gunung Bromo.

Jalan Kaki atau Menyewa Jeep?

Cara paling umum untuk melakukan perjalanan ke Gunung Bromo adalah memasuki taman dengan mengendarai mobil Jeep yang bisa Anda sewa. Anda tidak diperkenankan membawa mobil milik pribadi.

Namun, ada pilihan lainnya misalnya naik sepeda motor atau masuk dengan berjalan kaki. Meskipun opsi ini cocok untuk Anda yang ingin tur ke Gunung Bromo dengan budget terbatas, tetapi hal ini akan membuat Anda kelelahan.

Jika Anda tetap memaksakan diri melakukan tur Gunung Bromo dengan anggaran terbatas dengan cara di atas, Anda mungkin akan menghabiskan sepanjang hari berjalan dibawah terik matahari dan menghirup udara berdebu.

Pilihan yang tepat adalah menyewa Jeep, karena akan lebih nyaman dan cepat jika berkeliling menggunakan mobil. Pengemudi Jeep tahu ke mana harus pergi dan kapan waktu yang tepat, serta tahu pintasan dan cara tercepat menuju kaldera.

Biaya Sewa Mobil Jeep Gunung Bromo

Sebenarnya mobil yang disewakan di Gunung Bromo sebagian besar bukanlah Jeep. melainkan Toyota Land Cruiser 1981. Selanjutnya, biarlah kita sebut sebagai “Jeep” saja, karena itulah istilah yang populer disini, hehehe.

Biasanya harga sewa Jeep Gunung Bromo berkisar antara Rp. 500.000 hingga Rp. 800.000.

Ada ratusan Jeep yang terparkir dan dapat disewa di Cemoro Lawang, siap mengantar Anda ke taman. Anda bisa menyewanya secara langsung saat tiba di Cemoro Lawang.

Jangan pernah mengambil tawaran sewa yang pertama! Cobalah berkeliling dulu sambil menanyakan dan menawar biaya sewa, siapa tahu Anda bisa mendapatkan harga sewa yang lebih miring. Idealnya adalah Rp. 600.000 – 650.000 untuk sewa Jeep seharian (termasuk supirnya).

Skill berbahasa Jawa akan mempermudah Anda untuk melakukan tawar menawar, karena mayoritas pemilik Jeep adalah orang Jawa.

Youtube courtesy Emzy Ardiwinata

Tempat Yang Harus Dikunjungi Di Gunung Bromo

1. Menikmati Sunrise di Gunung Penanjakan

Setelah mendapatkan Jeep dan membayar tiket Gunung Bromo, pengemudi akan membawa Anda melakukan pendakian yang curam ke Gunung Penanjakan. Sudut pandang ini adalah tempat terbaik untuk melihat Gunung Bromo saat matahari terbit.

Panduan Tur Ke Gunung Bromo Dengan Budget Terbatas

Sekitar setengah jalan berjalan menanjak gunung, Anda akan tiba pada tempat parkir Jeep, dan supir beserta mobil akan standby disini. Selanjutnya, Anda harus berjalan kaki menuju puncak Gunung Penanjakan.

Tips: fotolah plat nomor Jeep dan ingat warna Jeep yang Anda tumpangi, sehingga nanti Anda tidak tertukar mobil.

Di puncak Gunung Penanjakan biasanya ada ratusan wisatawan, terutama jika Anda melakukan tur pada weekend atau musim liburan. Di spot ini, Anda dapat mengambil foto matahari terbit yang sangat keren!

Lokasi lain untuk melihat matahari terbit:

  • Bukit King Kong
  • Pandang Seruni (jaraknya hanya 200 meter berjalan kaki di atas Gunung Penanjakan)
  • Bukit Cinta (sekitar setengah jalan menuju Gunung Penanjakan)

2. Mendaki Gunung Bromo

Tujuan populer pada setiap tur Gunung Bromo adalah untuk melihat ke dalam gunung berapi Gunung Bromo yang berasap. Pengunjung bebas untuk mendaki tangga di sisi gunung berapi dan mengintip ke dalam.

Jika Anda pergi, bawalah bandana, masker atau sesuatu untuk menutupi wajah Anda. Campuran debu, belerang, dan pasir bisa mengganggu pernafasan Anda!

3. Berkendara di Lautan Pasir

Saat berada di tur perjalanan Gunung Bromo, sebagian besar waktu Anda akan berkendara dari satu tempat ke tempat lain di dalam kaldera besar, yang biasa disebut sebagai Lautan Pasir. Seringkali Anda akan melihat “atraksi wisata” seperti menunggang kuda atau penjual makanan.

Panduan Tur Ke Gunung Bromo Dengan Budget Terbatas

Anda juga dapat memilih untuk berjalan kaki, tetapi sangat berdebu dan seperti gurun, jadi bersiaplah “menikmati” debu dan sengatan panas matahari.

Jika ingin mengambil foto, mintalah sopir untuk berhenti agar gambar yang diambil lebih estetik, hehehe.

4. Bukit Teletubbies

Mintalah supir untuk menuju Bukit Teletubbies. Maka supir akan mengarahkan Jeep pada sebuah sabana di tengah kaldera vulkanik. Jaraknya sekitar 20 menit perjalanan dari Cemoro Lawang.

Sabana ini subur dan hijau, akan tetapi berada di lingkungan gunung berapi yang berasap dengan iklim seperti gurun.

Bawalah bandana, masker dan kacamata hitam untuk melindungi wajah Anda. Lokasi ini juga hanya memiliki sedikit tempat teduh (satu-satunya tempat teduh yang disediakan adalah satu bangunan kecil yang menjual makanan).

Waspadai Penipuan di Gunung Bromo

1. Tiket Gunung Bromo Palsu

Jika perjalanan tur Anda diatur melalui paket wisata Gunung Bromo, hindari membeli tiket pra-bayar. Pastikan Anda membayar dan membeli tiket masuk Gunung Bromo di loket resmi yang tersedia.

2. Tidak Wajib Menyewa Jeep

Tidak ada larangan untuk berjalan ke dalam taman nasional dengan berjalan kaki. Di dalam, Anda juga bebas menyewa sepeda motor untuk membawa Anda berkeliling atau mengendarai sendiri. Namun jika Anda mengejar matahari terbit di Bromo maka Anda akan menemui kesulitan jika hanya berjalan kaki atau menaiki sepeda motor.

3. Pastikan Tawar Menawar Saat Menyewa Jeep

Pemilik Jeep biasanya akan menawarkan sewa Jeep dengan harga yang tinggi. Mereka akan mencoba agar Anda berpikir bahwa penyewaan Jeep akan habis karena jumlah Jeep yang terbatas. Cobalah tawar menawar dengan pemilik Jeep yang lain, sehingga Anda bisa mendapatkan Jeep yang sewanya lebih murah.

Jika belum mendapatkan penawaran sewa yang sesuai, cobalah untuk duduk santai dulu sambil minum secangkir kopi.

4. Akomodasi Mahal

Desa Cemoro Lawang hidup dari wisatawan yang mengunjungi Gunung Bromo. Di sini, Anda akan membayar mahal akomodasi yang nyaman. Anda bisa berhemat jika Anda bisa berangkat dini hari dari tempat yang akomodasinya lebih murah, misalnya akomodasi di daerah Probolinggo.

Simpulan

Untuk bisa trip ke Gunung Bromo, Anda memang sewajarnya menyediakan budget yang lumayan. Namun, budget ini bisa Anda tekan jika Anda bisa memanfaatkan tips dan trik yang kami sampaikan di atas. Setidaknya, nilai selisih budget yang Anda hemat bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lain.

Demikianlah Panduan Tur Ke Gunung Bromo Dengan Budget Terbatas yang dapat kami informasikan. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda (done)

Tags: #paket tour gunung bromo jawa timur #tour bromo dari probolinggo #tour guide malang bromo #tour gunung bromo #tour gunung bromo dari surabaya #wisata gunung bromo #wisata gunung bromo apa sudah buka #wisata gunung bromo apakah sudah dibuka #wisata gunung bromo dan semeru #wisata gunung bromo dimana #wisata gunung bromo ditutup #wisata gunung bromo fasilitas #wisata gunung bromo milky way #wisata gunung bromo yang keren

Panduan Tur dan Perjalanan ke Danau Segara Anak
Panduan Tur dan Perjalanan ke Danau Segara Anak
Danau Segara Anak adalah danau kaldera dengan
Wisata Curug Malela, Konon Mirip Dengan Air Terjun Niagara!
Wisata Curug Malela, Konon Mirip Dengan Air Terjun Niagara!
Wisata Curug Malela memiliki keunikan tersendiri. Wisata
Pesona Destinasi Pantai Wediombo Gunung Kidul
Tidak akan ada habisnya jika kita membahas
Rekomendasi 10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik
Rekomendasi 10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik
10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik

Tinggalkan pesan "Panduan Tur Ke Gunung Bromo Dengan Budget Terbatas"


Top