Pesona Destinasi Pantai Wediombo Gunung Kidul

Di Travelling 32 views

Tidak akan ada habisnya jika kita membahas tentang keindahan pantai di sekitaran gunung Kidul, Yogyakarta. Ada puluhan pantai yang menawarkan pemandangan alam yang memukau, dan salah satu pantai tersebut adalah Pantai Wediombo gunung Kidul.

Pesona Destinasi Pantai Wediombo Gunung Kidul

Keunikan Pantai Wediombo

Di Pantai Wediombo, para traveller dapat berendam dengan tenang di air laut sambil menyaksikan matahari tenggelam ke cakrawala. Dikelilingi oleh bebatuan karang yang tertumpuk indah, sehingga banyak yang mengira Pantai Wediombo adalah pantai buatan manusia. Air biru jernih yang indah menggambarkan bahwa pantai ini bebas dari polusi. Pasir putih yang indah dengan ornamen kerang-kerang menambah keindahan pantai serta suasana tenang yang menjadikannya tempat yang tepat untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kota Yogyakarta.

Terselip di teluk yang masih alami dan dinaungi banyak pepohonan, Pantai Wediombo gunung Kidul menarik pengunjung dengan bebatuan vulkaniknya yang terdapat bagian timur pantai, sedangkan bagian barat terdiri dari formasi batu kapur.

Perbukitan yang menghadap ke pantai menawarkan panorama pantai yang menarik. Pantai Wediombo gunung Kidul merupakan teluk dengan pasir putih, yang melandai dengan lembut ke laut, dan dapat dilihat dari bukit atau bahkan dari pantai. Selain panorama pantai yang mempesona, Wediombo menawarkan pengalaman wisata yang unik, yaitu Anda dapat berwisata sambil memancing secara ekstrim dari ketinggian tebing karang. Jadi jangan heran jika destinasi wisata yang satu ini menjadi referensi dan merupakan spot populer di kalangan penghobi memancing dari Yogyakarta dan Wonogiri. Mancing mania, mantap!

Bagi orang yang tertarik untuk memancing di puncak tebing karang. Anda harus mendaki ke arah timur melalui pantai; mendaki tebing yang curam dan licin dan terkadang dihantam ombak dalam perjalanan ke atas selama sekitar satu jam untuk mencapai tempat memancing. Terlepas dari aktivitas yang melelahkan ini, Anda dapat menikmati panorama laut yang indah. Anda bisa duduk di pasir yang indah dan menunggu pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Pantai Wediombo.

Berapa Biaya Masuk Pantai Wediombo?

Biaya masuk Pantai Wediombo gunung Kidul adalah Rp. 5.000 per orang. Murah meriah! Anda juga mungkin dikenai biaya parkir tergantung dengan ukuran kendaraan Anda.

Anda juga bisa menyewa peralatan snorkeling dengan harga sewa mulai dari Rp 45.000.

Destinasi Wisata Dekat Pantai Wediombo

Jika Anda sudah selesai mengunjungi Pantai Wediombo, Anda juga bisa meluangkan waktu untuk menjelajahi pantai-pantai terdekat di Kabupaten Wonosari seperti Pantai Jungwok, Pantai Nglambor, Pantai Indrayanti dan Pantai Timang.

Rute Menuju Pantai Wediombo

Pantai Wediombo gunung Kidul berjarak sekitar dua jam perjalanan dari Yogyakarta. Ada angkutan umum dari Yogyakarta ke Wonosari. Kemudian dari Wonosari, melanjutkan perjalanan dengan bus kecil Wonosari-Jepitu. Bus ini berangkat setiap 20 menit sekali dan Anda akan turun di persimpangan di Jepitu. Satu-satunya cara untuk menuju pantai dari pertigaan Wediombo adalah dengan menggunakan ojek.

Tips Berwisata di Pantai Wediombo gunung Kidul

  • Jika Anda datang ke sini untuk bersantai dan bersantai di tepi pantai, sangat disarankan untuk berkunjung ke sini pada malam hari untuk menyaksikan matahari terbenam yang menakjubkan.
  • Berselancar di sini direkomendasikan hanya untuk peselancar profesional karena ombaknya cukup kuat dan besar – sulit untuk ditangani oleh para amatir. Hal ini dapat dimaklumi karena deretan pantai utara Jawa terkenal dengan ombaknya yang ganas. Hal ini dapat menyebabkan resiko bagi mereka yang masih baru dalam hal berselancar.
  • Anda bisa berenang di perairan dangkal, tetapi berhati-hatilah dengan bebatuan karang dan jangan berenang terlalu jauh di tengah laut. Awasi anak-anak, jika Anda kesini membawa serta anak kecil.
  • Bawalah tisu basah karena air di kamar mandi jumlahnya terbatas.
  • Ada fasilitas terbatas di daerah ini karena terpencil dan sering dikunjungi hanya oleh penduduk setempat. Bawalah beberapa makanan ringan dan minuman Anda sendiri.
  • Untuk menghindari keramaian, kunjungi Pantai Wediombo selama hari kerja atau pagi hari. Akhir pekan sering ramai dengan penduduk setempat yang memancing di daerah tersebut.
  • Pantai ini juga menjadi lokasi upacara tahunan di mana penduduk setempat melarungkan persembahan makanan dan hasil bumi serta menangkap ikan menggunakan peralatan yang terbuat dari akar pohon.

Referensi:

Halaman wiki Pantai Wediombo

Tags: #alamat pantai wediombo #cuaca pantai wediombo #deskripsi pantai wediombo #fasilitas pantai wediombo #foto pantai wediombo #htm pantai wediombo #pantai dekat wediombo #pantai wediombo buka atau tutup #pantai wediombo hari ini buka atau tutup #pantai wediombo jogja #pantai wediombo maps #pantai wediombo terletak di #pantai wediombo wonogiri #pantai wediombo wonosari #pantai wediombo yogyakarta

Panduan Tur dan Perjalanan ke Danau Segara Anak
Panduan Tur dan Perjalanan ke Danau Segara Anak
Danau Segara Anak adalah danau kaldera dengan
Wisata Curug Malela, Konon Mirip Dengan Air Terjun Niagara!
Wisata Curug Malela, Konon Mirip Dengan Air Terjun Niagara!
Wisata Curug Malela memiliki keunikan tersendiri. Wisata
Rekomendasi 10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik
Rekomendasi 10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik
10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik
Menikmati Keindahan Sunset di Wisata Alam Kalibiru
Menikmati Keindahan Sunset di Wisata Alam Kalibiru
Hai, sobat traveller nusantara, terutama untuk sobat

Tinggalkan pesan "Pesona Destinasi Pantai Wediombo Gunung Kidul"


Top