Pesona Keindahan Alam Pantai Ngobaran di Yogyakarta

Di Travelling 39 views

Halo, sobat travellers seantero negeri! Apa kabarnya, nih? Kali ini admin akan sharing sedikit informasi tentang salah satu keindahan destinasi alam sekitaran Yogyakarta yang lagi viral, yakni pantai Ngobaran.

Pantai Ngobaran adalah pantai yang terletak di bagian tenggara Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini sangat indah, dan keindahannya menjadi daya tarik wisata yang sayang jika tidak dijelajahi. Wilayah ini dikenal terutama karena pantainya yang menakjubkan!

pesona-keindahan-alam-pantai-ngobaran

Pesona Keindahan Alam Pantai Ngobaran di Yogyakarta

Pantai Ngobaran tepat berada di kawasan Desa Kanigoro. Seperti pantai-pantai selatan lainnya, pantai yang satu ini memiliki ombak yang cukup ganas. Namun, ada beberapa hal yang membuat pantai ini berbeda dari yang lain. Misalnya, pantai ini tidak memiliki garis pantai berpasir. Sebaliknya, pantai ini memiliki view eksotis nan indah berupa tebing karang yang tinggi dan beberapa fasilitas di dekatnya. Orang-orang biasanya datang ke pantai baik untuk relaksasi atau jalan-jalan.

Jika sobat datang kesini bersama keluarga, maka sobat bisa menyewa vila atau makan seafood di sana!

Harga tiket masuk Pantai Ngobaran

Tenang, harga tiket masuk pantai Ngobaran adalah Rp. 5.000 saja! Murah meriah, kan. Beda lagi dengan biaya parkirnya sih. Biaya parkir antara Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 20.000, tergantung ukuran kendaraan yang dibawa.

Nuansa alami pantai selatan yang legendaris

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Pantai Ngobaran tidak memiliki garis pantai berpasir. Sebaliknya, ia hadir dengan tebing-tebing besar dan tepi berbatu. Uniknya, sobat travellers dapat menemukan beberapa bangunan dan fasilitas di atas tebing.

Ini termasuk pondok-pondok tempat berteduh dan restoran! Oleh karena itu, disarankan untuk datang ke pantai ini dengan membawa uang tunai yang cukup, karena sobat pasti pengen wisata kulineran disini.

Daya pikat unik berikutnya adalah kehadiran berbagai budaya. Ini termasuk budaya Jawa, Hindu, dan Buddha. Hal ini karena situs ini menampilkan beberapa patung dan gapura yang mewakili budaya-budaya tersebut. Sebagai informasi, pemerintah setempat membangunnya pada tahun 2004.

pesona-keindahan-alam-pantai-ngobaran

Menjelajahi Pantai Ngobaran

Nah, karena ombaknya yang besar dan ganas, Pantai Ngobaran tidak cocok untuk berenang atau bermain air. Bahkan berjalan-jalan di pantai pun tidak memungkinkan karena tidak adanya garis pantai berpasir.

Jadi, apa yang bisa dilakukan wisatawan di tempat ini? Biasanya, baik penduduk setempat maupun wisatawan datang ke Ngobaran untuk jalan-jalan. Semua pengunjung dapat melihat pemandangan laut yang indah dari tebing. Anginnya kencang dan cuacanya cukup hot, alias panas poll! Meskipun demikian, jalan-jalan dan berfoto ria akan cukup memuaskan untuk dilakukan.

Selain pemandangan laut, Pantai Ngobaran dikenal dengan sejarahnya. Hal ini menjelaskan mengapa pengunjung akan menemukan patung-patung dan prasasti di daerah itu. Terletak di bagian timur objek wisata ini, ada juga Joglo atau bangunan tradisional Jawa. Penduduk setempat sering menggunakannya untuk berdoa. Sedangkan bagi wisatawan, mereka bisa mengambil foto bangunan tersebut atau menggunakannya untuk beristirahat selama penjelajahan. Bangunan menarik berikutnya adalah Pura Segara Wukir, yang terletak di depan Joglo. Jangan lupa untuk mengambil fotonya juga.

Wisatawan bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pantai dari penduduk setempat atau pemandu. Konon Pantai Ngobaran berkaitan dengan Kerajaan Majapahit, terutama pada masa pemerintahan Prabu Brawijaya ke-5. Sang raja melarikan diri dari daerah ini ketika Kerajaan Demak menyerang daerah tersebut. Musuh itu dipimpin oleh putranya sendiri.

Nah, setelah puas mendengar cerita tersebut, disarankan untuk menyantap hidangan laut yang lezat di tempat makan terdekat. Jangan khawatir. Harganya cukup terjangkau! Jadinya, pengetahuan bertambah dan perut bisa kenyang, iya kan, gaes! Hahaha.

Objek Wisata Dekat Pantai Ngobaran

  • Pantai Ngrenehan
  • Pantai Gesing
  • Pantai Dadap Ayam
  • Pantai Ngeden

Jalan menuju ke Pantai Ngobaran

Bagi mereka yang datang dari Kota Jakarta, mereka harus memanfaatkan layanan pesawat terbang di Bandara Internasional Soekarno – Hatta dan segera menuju ke Bandara Adisucipto. Biasanya, penerbangan ini dapat memakan waktu sekitar 1 jam 10 menit.

Setelah sampai di bandara, tujuan selanjutnya adalah Kabupaten Gunung Kidul dan wisatawan bisa sampai di sana dengan mengambil Jalan Nasional III. Jaraknya 44,8 km, sehingga perjalanan akan memakan waktu sekitar 1 jam 9 menit. Dari Gunung Kidul, mereka dapat mengambil Jalan Baron dan langsung menuju ke Pantai Ngobaran. Perjalanan ini mungkin memakan waktu sekitar 54 menit, karena jaraknya 27,7 km.

Tags: #arah pantai ngobaran #candi pantai ngobaran #cerita pantai ngobaran #foto pantai ngobaran gunung kidul #homestay pantai ngobaran #legenda pantai ngobaran #misteri pantai ngobaran gunung kidul #pantai ngobaran adalah #pantai ngobaran daerah mana #pantai ngobaran dimana #pantai ngobaran gunung kidul #pantai ngobaran htm #pantai ngobaran jogja #pantai ngobaran tiket masuk

Panduan Tur dan Perjalanan ke Danau Segara Anak
Panduan Tur dan Perjalanan ke Danau Segara Anak
Danau Segara Anak adalah danau kaldera dengan
Wisata Curug Malela, Konon Mirip Dengan Air Terjun Niagara!
Wisata Curug Malela, Konon Mirip Dengan Air Terjun Niagara!
Wisata Curug Malela memiliki keunikan tersendiri. Wisata
Pesona Destinasi Pantai Wediombo Gunung Kidul
Tidak akan ada habisnya jika kita membahas
Rekomendasi 10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik
Rekomendasi 10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik
10 Destinasi Untuk Berbulan Madu Yang Terbaik

Tinggalkan pesan "Pesona Keindahan Alam Pantai Ngobaran di Yogyakarta"


Top