3 Prosedur Meningkatkan Produksi Buah Pisang Dengan Mudah

Di Tanaman Tani 82 views

Prosedur Meningkatkan Produksi Buah Pisang Dengan Mudah – Siapa yang tidak kenal dengan buah pisang? Buah manis dan legit ini memiliki banyak kandungan gizi, seperti vitamin A, vitamin C, potasium, sangat rendah lemak, dan sangat mudah untuk di cerna. Pisang sangat mudah di dapatkan dan di beli, karena persediaannya selalu melimpah.

Di Indonesia sendiri terdapat sangat banyak varian pisang, misalnya pisang raja, pisang nangka, pisang emas, pisang Ambon, pisang bulu, dan lain-lain. Semua jenis pisang ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Namun salah satu varian yang paling tinggi nilai ekonomisnya adalah pisang varietas cavendish.

Oleh karena itulah, petani pisang biasanya berusaha secara maksimal untuk meningkatkan produksi buah pisang dari kebun yang mereka kelola. Dengan pengelolaan yang baik, bukan hanya tingkat produksi buah pisang yang dapat di naikkan, namun juga kualitas dari buah pisang itu sendiri.

Dalam bahasan singkat kali ini, kami akan mencoba membagikan beberapa petunjuk yang mungkin dapat memberikan pengetahuan tentang bagaimana teknik dasar untuk meningkatkan produksi buah pisang yang mungkin bermanfaat bagi Anda yang baru saja memulai bisnis pertanian pisang.

Bagaimana meningkatkan produksi buah pisang dengan mudah?

Komoditas pisang merupakan salah satu tumbuhan yang dikategorikan sebagai tumbuhan berbunga dengan ukuran terbesar di dunia. Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana caranya agar pohon pisang bisa menghasilkan buah secara maksimal?

Kami melakukan penelitian untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang mendorong tanaman pisang agar memproduksi buah lebih banyak. Berikut ini adalah kesimpulan sebaiknya Anda ketahui tentang bagaimana mendapatkan produksi pisang yang lebih banyak, matang dan sehat.

  • Pisang ideal di tanam pada lahan yang terpapar matahari sepanjang tahun, seperti di Indonesia.
  • Lindungi tanaman pisang dari air yang berlebihan, kekeringan, dan pastikan terpapar sinar matahari terus menerus.
  • Gunakan tanah yang baik, berdrainase baik, dan cukup dipupuk dengan nutrisi untuk menopang pertumbuhan pisang.
  • Berikan sinar matahari minimal 12 jam per hari untuk mendorong pertumbuhan, pembungaan, dan buah.
  • Sirami tanaman pisang Anda secara teratur, agar tanah tetap lembab.
  • Beri waktu tanaman pisang Anda untuk menjadi dewasa (setidaknya sembilan bulan untuk menghasilkan buah).

Jika Anda menyediakan tanaman pisang Anda kondisi lingkungan yang sempurna dan memberinya cukup waktu untuk matang, kemungkinan besar tanaman Anda akan menghasilkan lebih banyak buah.

Perhatikan varietas yang Anda tanam. Anda mungkin perlu melakukan beberapa penyesuaian pada cara Anda merawat pohon pisang berdasarkan varietas pisang yang Anda tanam

Perawatan pohon pisang yang baik dan benar

Pemupukan

Berdasarkan penelitian yang di lakukan oleh mahasiswa Universitas Udayana di Bali, pemberian pupuk dengan menggunakan pupuk kandang (kompos hasil limbah kandang ayam) secara signifikan dapat membantu pertumbuhan tanaman pisang sebesar 118%. Pemberian pupuk dapat di lakukan secara berkala sejak tanaman pisang masih berukuran kecil.

Pemilihan bibit

Bibit pisang wajib di pilih sebelum melakukan penanaman di lahan. Pastikan Anda memilih bibit varietas pisang yang terbukti unggul dan dapat memproduksi lebih banyak buah. Pemilihan bibit yang tepat dapat membantu return of investment yang lebih cepat dan lebih terukur jika di bandingkan dengan pemilihan bibit secara asal-asalan.

Bibit yang layak Anda pertimbangkan adalah varietas pisang cavendish, karena peminatnya sangat banyak dan dapat di jual dengan harga yang relatif lebih tinggi. Selain cavendish, ada lagi varian Blue Java Banana – pisang berwarna biru dengan rasa yang konon mirip seperti es krim vanila namun dengan tekstur yang lebih keras. Namun butuh kesabaran untuk memanen pisang ini, karena dibutuhkan waktu setidaknya 2 tahun sebelum pohonnya tumbuh dewasa.

Pencahayaan

Cahaya matahari sangat penting untuk pertumbuhan buah dan tanaman pisang secara keseluruhan. Petani pisang wajib memastikan agar tanaman yang mereka besarkan mendapatkan paparan matahari secara langsung. Jika pohon pisang tidak mendapatkan cahaya matahari yang cukup, maka dapat di pastikan tidak akan menghasilkan buah dalam jumlah yang di harapkan. Bahkan pisang tidak akan tumbuh secara normal.

Oke, guys demikianlah sedikit ulasan tentang panduan singkat meningkatkan produksi buah pisang dengan mudah. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda yang akan merintis bisnis pertanian pisang.

Tags: #kebun #komoditas #pertanian #pisang

Untung Besar! Menanam Pepaya California Agar Berbuah Lebat
Menanam Pepaya California Agar Berbuah Lebat –
Cara Mudah Menanam Kopi dari Biji Hingga Tumbuh Subur
Tanaman kopi adalah tanaman biji-bijian yang memiliki
5 Teknik Budidaya Bawang Dayak Dalam Polybag, Anti Gagal!
Teknik Budidaya Bawang Dayak Dalam Polybag –
Cara Budidaya Tanaman Umbi Porang Yang Menguntungkan
Tanaman porang, sebenarnya adalah tanaman jenis umbi-ubian

Tinggalkan pesan "3 Prosedur Meningkatkan Produksi Buah Pisang Dengan Mudah"


Top