Tanaman Pengganti Tumbuhan Padi Yang Menghasilkan

Di Tanaman Tani 93 views

Jika musim kering tiba, sebagian petani kita memang tidak bisa membajak sawahnya seperti biasa. Hal ini dikarenakan curah hujan yang tidak kunjung turun atau yang biasa di sebut dengan kemarau panjang.

Kemarau panjang yang selama ini terjadi di wilayah indonesia memang berdampak pada sebagian petani. Salah satunya jalur irigasi yang berfungsi untuk mengairi sawah petanipun itu kering.

Walaupun alam sedang tidak bersahabat, tapi tidak ada salahnya kalau kita mencoba untuk menanam tanaman lain jika sawah sedang tidak bisa di tanami gabah.

Beberapa komendasi tanaman yang menghasilkan untuk pengganti tanaman padi adalah sebagai berikut;

Tanaman Disaat Sawah Mengering

1. Kacang Panjang

Tanaman kacang panjang adalah salah satu tanaman yang bisa di tanam pada saat musim kering. Keuntungan menanam kacang panjang karena jarak panennya tidak terlalu jauh.

Kacang panjang bisa di panen dalam waktu 3 atau 4 minggu setelah di tanam. Sehingga petani tidak terlalu lama untuk menunggu panen kacang panjang.

2. Kecipir

Kecipir adalah salah satu sayuran yang masuk dalam kategori sangant gampang bila di tanam di area pesawahan. Bibit kecipir akan tumbuh dengan mudah jika area tersebut benar-benar bekas sawah yang pernah di bajak.

Tanaman kecipir memiliki waktu panen yang singkat, sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menunggu hasil panen.

3. Kangkung

Tanaman kangkung memang terdapat dua jenis, kangkang yang biasa tumbuh di atas air dan ada juga kangkung yang bisa tumbuh di atas tanah bekas sawah.

Kangkung sendiri bisa di tanam sebagai pengganti tanaman padi di saat musim kemarau. Karena kangkung tidak perlu menunggu waktu lama untuk di panen dan petani masih bisa menikmati hasilan sampingan dari menanam kangkung.

4. Sawi Hijau

Jika area persawahan kamu berada di dataran tinggi, sawi hijau adalah salah satu tanaman yang menjanjikan dan menghasilkan disaat musim kemarau.

Sawi hijau sendiri memang memiliki karakteristik yang tumbuh dengan cepat. Biasanya 2 minggu saja sawi hijau sudah menghasilkan dan bisa di panen. Namun untuk menanam sawi hijau memang butuh lokasi di atas dataran tinggi. Jika tidak maka sawi hijau tidak akan bisa tumbuh optimal.

5. Semangka

Tanaman buah semangka adalah tanaman yang paling banyak di tanam oleh petani ketika musim kering tiba.

Karena harga  semangka sedikit lebih menjanjikan ketimbang sayuran jadi tanaman buah ini sangat sering kita temui ketika ada sawah yang mengering.

6. Tanaman Labu Siam

Labu siam yang biasa di buat untuk campuran menyayur bisa di jadikan tanaman alternatif untuk lahan persawahan yang terkena dampak kemarau.

Labu siam memang salah satu sayuran buah yang memiliki minat tinggi, sehingga petani masih bisa berpenghasilan walaupun posisi ladang sawah sedang terkena kemarau.

7. Terong Hijau

Terong adalah salah satu sayuran buah yang buahnya sendiri bisa di sayur dan juga bisa di sambel. Tumbuhan ini bisa di tanam diatas tanah sawah yang mengering.

Tanaman terong sendiri adalah tanaman yang bisa di bilang minim untuk di dirawat. Sehingga bisa tumbuh subur sendiri pada saat bibit mulai di semai ke area pesawhan yang terkena kemarau berkepanjangan.

Untung Besar! Menanam Pepaya California Agar Berbuah Lebat
Menanam Pepaya California Agar Berbuah Lebat –
Cara Mudah Menanam Kopi dari Biji Hingga Tumbuh Subur
Tanaman kopi adalah tanaman biji-bijian yang memiliki
5 Teknik Budidaya Bawang Dayak Dalam Polybag, Anti Gagal!
Teknik Budidaya Bawang Dayak Dalam Polybag –
Cara Budidaya Tanaman Umbi Porang Yang Menguntungkan
Tanaman porang, sebenarnya adalah tanaman jenis umbi-ubian

Tinggalkan pesan "Tanaman Pengganti Tumbuhan Padi Yang Menghasilkan"


Top