Tips Membeli, Merestorasi Dan Merawat Toyota Corolla KE20 KE30 Tahun Tua

Di Corolla, Mobil, Toyota 61 views

Siapa yang tak kenal dengan mobil retro dari toyota yang satu ini. Yup, corolla KE20 dan KE30 yang lahir pada awal tahun 1970 sampai dengan akhir tahun 1979 ini telah banyak di restorasi dan di bangun ulang untuk di jadikan mobil retro yang berkelas.

Corolla KE20 dan KE30 sendiri adalah mobil dengan jenis sedan kompak yang di pasarkan di indonesia untuk kelas menengah kebawah pada jamannya dahulu adalah menjadi salah satu pilihan mobil tua yang bisa di andalkan, meskipun sudah tua namun mobil corolla KE20 dan KE30 ini masih banyak mengaspal di jalanan hingga saat ini.

Toyota corolla yang di pasarkan di indonesia adalah generasi kedua yang sebelumnya tampil dengan nama corolla KE10, namun KE10 sendiri sangat sedikit sekali populasinya di indonesia dan sudah di bilang mobil yang sangat langka dan di cari para kolektor di indonesia. Corolla KE 20 dan KE30 sendiri hadir di indonesia dengan dua varian, yakni dengan varian wagon 3 pintu dan sedan kompak 2 pintu dan 4 pintu.

Toyota corolla KE20 dan KE30 sendiri dari tahun ke tahun mengalami perubahan baik itu dari bentuk exterior, interior dan kaki-kakinya, dari jenis KE20 sendiri yang di produksi pada tahun 1970 sampai dengan 1974 bentuknya masih sedikit bulet jika di bandingkan dengan corolla KE30 yang sudah agak lancip pada bagian bagasi belakanganya.

Pada bagian interior juga sangat jauh berbeda mulai dari dasboard dan stirnya, sedangkan pada bagian kaki-kakinya toyota corolla KE20 belum menggunakan rem diskbrake seperti adiknya corolla KE30 yang sudah menggunakan rem diskbrake di kedua roda depannya.

Cara Analisa Mobil Corolla Tua Sebelum Membeli

Untuk anda yang masih awam dengan toyota corolla KE20 dan KE30 retro ini berikut adalah tips jitu yang bisa anda gunakan sebelum membeli mobil tersebut agar tidak menyesal dan salah pilih, apa saja tipsnya? yuk kita simak dengan seksama.

1. Cek Pada Bagian Body

Hal yang pertama sebelum anda membeli toyota corolla KE20 dan KE30 ada baiknya anda mengecek terlebih dahulu pada bagian body nya. Cek body meliputi list-list, talang air, lampu depan belakang dan sein, grill, logo dan bumper.

Jangan sampai ada yang hilang, karena jenis aksessioris di atas keberadaannya bisa di bilang agak susah. Walaupun barangnya tersedia namun harganya bisa di bilang cukup mahal, karena aksessioris tersebut adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk mengukur kualitas mobil retro dari karaktristik retronya.

Masih dalam pengecekan pada bagian exterior body, jangan lupa cek pada bagian bawah atau sasis dari corolla KE20 dan KE30 tersebut. Biasanya mobil corolla yang tidak terawat sasisnya terlihat keropos karena di makan karat.

Seharusnya anda berhati-hati jika sasis dari mobil corolla KE20 dan KE30 tersebut dalam keadaan keropos, karena sasis bisa melintir jika keroposnya terlalu parah meskipun sudah di restorasi dengan menggunakan las.

Bahkan hal yang lebih tragisnya lagi sasis bisa patah dan mobil jadi tidak bisa sempurna lagi untuk di gunakan sehari-hari, akibat sasis patah dan melintir secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja dari kaki-kaki mobil itu sendiri yang tidak bisa lurus seperti semula.

2. Cek Interior

Cek pada bagian interior dari corolla KE20 dan KE30 tersebut, usahakan door trim masih original, stir masih original, speedo meter masih original dan berfungsi dengan baik dan jok pembukus masih dalam keadaan aslinya. Jika tidak mobil tersebut bisa mempengaruhi harga jual kembali, karena kesan retronya hilang akibat interior sudah tidak seperti aslinya.

3. Cek Mesin

Cek pada bagian mesin adalah hal yang sangat penting, anda bisa memulai dengan mengecek pada bagian bawah mesin mobil corolla KE20 dan KE30 sebelum membelinya. Jika pada bagian bawah mesin terdapat ada oli yang menempel sebaiknya anda negoisiasi dahulu mengenai harga guna memperbaiki mesin yang meler oli tersebut.

Kemudian cek pada bagian knalpot dengan menggunakan jari telunjuk, jika terdapat oli yang menempel pada jari telunjuk sebaiknya batalkan niat anda untuk membeli mobil tersebut karena jeroan mesin corolla KE20 dan KE30 sudah tidak beres alias terdapat kerusakan pada bagian dalam mesinnya.

Untuk merawat toyota corolla KE20 dan KE30 sendiri tidaklah terlalu susah, sama halnya seperti mobil lainnya yang harus ganti oli dan service karburator agar corolla KE20 dan KE30 tetap prima. Mesin corolla KE20 dan KE30 sendiri sama dengan mesin kijang yang spare part atau suku cadangnya masih tersedia di pasaran.

Tipe mesin corolla KE20 dan KE30 dengan kode 3K ini sangat bandel dan irit bbm, karena kapasitas mesinnya hanya 1200cc dengan 4 silinder yang bisa di pacu dengan kecepatan full atau top speednya 160km/h pada jalan bebas hambatan.

Namun jika anda memiliki dana lebih ada baiknya anda memodifikasi mesin dan juga gearbox dari corolla KE20 dan KE30 untuk menyempurnakan akselerasi agar tidak kalah dengan mobil-mobil keluaran terbaru. Anda bisa memodifikasi mesinnya dengan menggunakan mesin 4A-GE twincam yang biasa di pakai pada corolla twincam dan juga toyota soluna.

Untuk membeli mesin tersebut ada baiknya anda memesan yang ex singapore, karena mesin ex singapore perfomanya masih lebih baik jika di banding dengan mesin yang sudah di pakai oleh mobil dalam negeri.

Merambah pada bagian gearbox corolla KE20 dan KE30 yang masih menggunakan gearbox 5 speed. Anda bisa memodifikasi bagian gearbox  untuk menambah kecepatan corolla KE20 dan KE30 menjadi 6 kecepatan, dengan artian 5 kecepatan ke depan dan 1 kecepatan untuk mundur, hal ini untuk mengurangi getaran pada saat mobil di pacu dengan kecepatan tinggi serta lebih hemat bahan bakar minyak, karena RPM nya tidak terlalu tinggi dengan menggunakan gearbox 6 speed.

Untuk memodifikasi gearbox anda bisa menggunakan gearbox dari kijang grand atau kijang kapsul, agar gearbox bisa di aplikasikan dan menempel sempurna dengan mesin, anda sedikit membutuhkan sebuah optional. Optional sendiri adalah jenis spare part yang sudah di modifikasi untuk menyesuaikan antara dudukan mesin dan gearbox agar menempel dengan sempurna dan meminimalisir kerusakan pada bagian dudukan gearbox.

Sedangkan untuk modifikasi corolla KE20 dan KE30 agar tampil beda anda bisa memodifikasi dan menambahkan rack roof pada bagian atap, duck tail pada bagian bagasi serta modifikasi kaki-kakinya agar terlihat agak ceper dan tidak cungkring dengan paduan velg costum. Usahakan dalam memodifikasi corolla KE20 dan KE30 tidak menghilangkan bentuk dan aksessioris aslinya yang dapat membuat nilai minus untuk mobil itu sendiri.

Ok guys segitu dulu sharing kita pada kesempatan kali ini mengenai Tips Membeli, Merestorasi Dan Merawat Toyota Corolla KE20 KE30 semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda. (Done)

Tags: #bumper depan corolla tua #corolla KE20 #corolla KE30 #corolla retro #grill corolla #mesin 3K #mesin corolla #mobil tua 10jt #mobil tua 15jt #mobil tua bahan #mobil tua corolla #mobil tua murah

Petunjuk Mengatasi Permasalahan Umum Pada Dash Cam Garmin
Petunjuk Mengatasi Permasalahan Umum Pada Dash Cam Garmin
Apakah Anda mengalami masalah dengan dash cam
Tips Memilih Ban Mobil Sesuai Dengan Kondisi Indonesia
Tips Memilih Ban Mobil Sesuai Dengan Kondisi Indonesia
Memilih set ban yang tepat dapat meningkatkan
Ini dia Kelebihan Dan Kekurangan Wuling Confero S Versi Indonesia
Wuling Motors adalah salah satu produsen mobil
Lengkap, Kekurangan dan Kelebihan Toyota Innova 2nd Generation
Toyota Innova di awal (generasi pertama) diproduksi

Tinggalkan pesan "Tips Membeli, Merestorasi Dan Merawat Toyota Corolla KE20 KE30 Tahun Tua"


Top