Tips Memilih Ban Mobil Sesuai Dengan Kondisi Indonesia

Di Mobil 26 views

Memilih set ban yang tepat dapat meningkatkan seluruh kinerja mobil Anda, dan sangat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar dan keselamatan. Oleh sebab itu, ada kriteria-kriteria yang harus diperhatikan saat Anda akan mengganti ban pada mobil.

Mengapa Memilih Ban Merupakan Hal Yang Penting?

  • Memilih set ban yang tepat sangat penting untuk akselerasi, pengereman, handling dan efisiensi bahan bakar kendaraan.
  • Ban tubeless menawarkan lebih banyak keuntungan dibandingkan ban tipe tube dan dapat dipasang di pada velg baja dan alloy.
  • Disarankan untuk tetap menggunakan ukuran ban yang direkomendasikan oleh produsen mobil.
  • Pilih pola tapak (tread pattern) yang tepat yang disarankan untuk kondisi mengemudi Anda terkait dengan permukaan dan suhu, di antara tapak konvensional, tapak searah dan tapak asimetris.
  • Untuk traksi terbaik dan treadwear yang lambat, pilih ban dengan kompon karet berkualitas tinggi.
  • Selalu pilih merek ban yang terpercaya, yang menawarkan garansi terpanjang pada ban-bannya.

Ban adalah salah satu bagian terpenting dari mobil Anda karena ban adalah satu-satunya penghubung antara kendaraan dan permukaan jalan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih satu set ban yang baik untuk mobil Anda karena ban dapat meningkatkan akselerasi, pengereman dan kualitas penanganan kendaraan Anda. Ban berkualitas baik juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Di sisi lain, ban berkualitas murah dapat memberikan Anda perjalanan yang kurang nyaman dan terasa bergelombang atau gluduk-gluduk.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang perlu Anda ingat saat memilih ban untuk mobil Anda

Tipe tube atau tubeless

Saat memilih antara ban tubeless dan tube-type, Anda harus selalu memilih ban tubeless karena ban ini jauh lebih canggih dan lebih aman daripada ban tube-type. Selain itu, ban tubeless juga memiliki beberapa keunggulan lainnya. Selain itu, Anda tidak perlu membeli velg alloy untuk memasang ban tubeless. Velg baja Anda juga akan cukup baik dengan ban tubeless karena bebas karat dan memiliki lapisan anti karat di dalamnya.

Memilih Ukuran Ban

Saat membeli ban baru, seseorang harus memberikan perhatian khusus pada ukurannya. Dan untuk itu, Anda harus tahu cara membaca ukuran ban. Ukuran ban umumnya disebutkan pada dinding samping ban dan direpresentasikan dengan cara yang terstandardisasi. Misalnya, 195/55 R 16 87V. Kita bisa membacanya sebagai seperti ini:

195 (mm) adalah lebar tapak ban 55 (%) adalah persentase lebar tapak ketinggian dinding samping. R (Radial) mengacu pada konstruksi radial ban 16 (inci) mengacu pada diameter roda, 87 mengacu pada indeks beban ban, dan V mengacu pada peringkat kecepatan ban.

  • Ukuran Velg – Saat memilih ban, Anda perlu mengingat bahwa ukuran ban sama dengan ukuran velg yang ingin Anda pasang. Jika velg Anda lebih besar dari ban Anda, maka itu akan mengurangi ketinggian dinding samping yang akan berdampak buruk pada kualitas pengendaraan dan handling kendaraan Anda.
  • Lebar tapak – Anda harus memilih lebar tapak dengan sangat hati-hati karena bertanggung jawab atas kenyamanan Anda dan kinerja mobil Anda di jalan. Lebar tapak akan tergantung pada cara mengemudi Anda dan tentunya, pada kendaraan yang Anda kendarai. Misalnya, jika mobil Anda menghasilkan banyak tenaga, jika Anda sering menjaga kecepatan tinggi saat menikung atau jika Anda ingin mobil Anda memiliki tampilan yang stylish dan kuat, Anda dapat memilih tapak yang lebih lebar. Namun, jika Anda ingin meningkatkan jarak tempuh bahan bakar Anda, ingin menjaga kemudi tetap ringan atau jika Anda sering mengendarai mobil Anda di lalu lintas kota, Anda tidak boleh memilih tapak yang lebih lebar.
  • Tinggi Dinding Samping – Ketika Anda selesai memilih ukuran velg yang akurat dan lebar tapak yang tepat, langkah Anda selanjutnya adalah memilih tinggi dinding samping yang akan membantu dalam menjaga ukuran keseluruhan ban baru yang mirip dengan ban lama Anda.

Ukuran ban dapat digambarkan oleh tiga bagian; ukuran velg, lebar tapak ban dan tinggi dinding samping.

Tread Pattern

Memilih pola tapak ban Anda adalah tugas penting lainnya. Pola tapak ban memainkan peran utama dalam keseluruhan pengalaman berkendara Anda karena mereka bertanggung jawab atas kinerja mobil Anda dalam kondisi cuaca yang berbeda. Mereka bertanggung jawab untuk menyalurkan air ketika Anda mengemudi melalui area yang tergenang air. Pada dasarnya, ada tiga jenis pola tapak:

Tapak Konvensional

Ini adalah pola tapak yang paling umum digunakan. Ini dapat dijalankan di kedua arah dan dapat dipasang pada roda dengan kedua cara karena tidak memiliki salah satu dari pola uni-directional atau asimetris. Jenis ban ini sangat berguna dalam menyalurkan air saat berkendara melalui daerah yang tergenang air. Ban ini juga mengurangi kebisingan ban saat melakukannya.

Tapak Uni-directional

Pola tapak uni-directional bekerja paling efektif ketika diputar dalam satu arah. Dinding samping ban-ban ini akan memiliki tanda panah yang akan menyebutkan bahwa ke arah mana ban dimaksudkan untuk diputar.

Tapak Asimetris

Ban dengan pola tapak asimetris umumnya memiliki dinding samping luar dan dinding samping dalam. Bagian luar menghadap ke jalan dan bagian dalam menghadap ke mobil. Anda akan menemukan tanda pada dinding samping yang menyatakan bahwa sisi mana yang dimaksudkan untuk menghadap ke jalan dan mana yang menghadap ke mobil. Pola tapak seperti ini membantu dalam menikung dengan kecepatan tinggi.

Kualitas Karet

Bahan karet yang digunakan dalam membuat ban adalah kriteria yang paling penting untuk diingat saat membeli ban. Hal ini bertanggung jawab untuk traksi dan karakteristik treadwear ban. Jika Anda membeli ban yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, maka traksi dan peringkat kecepatan ban akan tinggi. Ini juga membantu Anda mendapatkan traksi yang baik pada mobil Anda.

Tags: #ban #velg #velg baleno #velg datsun

Petunjuk Mengatasi Permasalahan Umum Pada Dash Cam Garmin
Petunjuk Mengatasi Permasalahan Umum Pada Dash Cam Garmin
Apakah Anda mengalami masalah dengan dash cam
Ini dia Kelebihan Dan Kekurangan Wuling Confero S Versi Indonesia
Wuling Motors adalah salah satu produsen mobil
Lengkap, Kekurangan dan Kelebihan Toyota Innova 2nd Generation
Toyota Innova di awal (generasi pertama) diproduksi
Ini dia, Ulasan Lengkap dan Detail Mazda RX-8!
Mazda RX-8 merupakan salah satu mobil sport

Tinggalkan pesan "Tips Memilih Ban Mobil Sesuai Dengan Kondisi Indonesia"


Top