Tips Mendeteksi Dan Mengetahui Kopling Mobil Rusak Tidak Layak Pakai

Di kopling, Mobil 35 views

Kopling atau yang biasa di panggil plat kopling atau kampas kopling adalah komponen yang sangat penting pada mobil. Kapmas kopling sendiri meliputi piringan kampas seperti serat khusus yang di padu dengan dekrup atau matahari. Fungsi dari kedua komponen tersebut tidak lain dan tidak bukan untuk memberikan tenaga yang dari perseneling yang terdapat pada mobil.

1. Komponen Kualitas Rendah

Jika komponen di seputaran kampas kopling sering terjadi kerusakan bisa jadi penyebabnya adalah komponen yang anda gunakan adalah komponen atau spare part yang kualitasnya rendah atau dengan kata lain kualitas KW. Hindari pemakaian spare part atau komponen kopling dari kualitas yang kurang baik, hal ini dapat berpengaruh pada tarikan mesin.

Komponen kampas kopling akan mudah habis bahkan bisa los alias tidak ada tekanan dari kopling, hal ini di karenakan kualitas kopling yang kurang baik maka umurnya juga sangat singkat dan cepat rusak.

2. Sering Menggantung Kopling

Sering menggnatung kopling juga adalah penyebab kampas kopling cepat habis dan rusak. Usahakan jika memiliki sebuah mobil kopling di stel dengan rendah, hal ini akan berpengaruh pada saat anda melepaskan pedal kopling bisa lebih singkat dan tidak terlalu memakan delay rotasi dari putaran mesin yang di teruskan ke kampas kopling itu sendiri.

3. Kopling Mulai Keras

Jika anda menemukan pedal kopling keras saat di injak, bisa jadi dekrup atau matahari dari rangkaian kampas kopling sudah tidak layak pakai lagi. Untuk mengganti dekrup atau matahari pada kopling sebaiknya ganti langsung satu set dengan kampas koplingnya. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan pada kampas kopling mobil anda.

4. Kopling Bau Gosong

Jika anda mencium bau gosong pada saat pedal kopling di lepas dalam keadaan panas, bisa jadi komponen kampas kopling sudah usang dan tidak layak pakai lagi. Bau gosong sendiri di sebabkan oleh kampas kopling yang sudah menipis dan langsung bergesekan dengan besi pada dekrup atau matahari.

Ini saatnya untuk anda segera mengganti kampas kopling dengan yang baru. Jika tidak, bisa di pastikan kopling mobil anda akan segera jebol dan mogok di jalan.

5. Tenaga Hilang

Penyebab lainnya kampas kopling sudah habis dan rusak adalah tenaga saat tarikan pertama hilang alias “ngempos”.

Anda bisa mencoba dengan memacu gas pada saat pertama jalan, jika ada delay speed maka bisa di pastikan kopling tersebut sudah tipis dan kurang baik untuk di gunakan lagi. Untuk itu lakukan penggantian komponen kopling dengan spare part yang original agar kampas kopling dan dekrup dapat bertahan lama.

6. Tenaga Loyo / Bunyi Ngelitik

Penyebab lainnya kampas kopling mulai rusak biasanya mobil akan terasa tidak bertenaga ketika menanjak di tanjakan yang cukup tinggi. Apalagi membawa beban barang atau penumpang yang cukup banyak, maka bisa di pastikan mobil tidak akan kuat untuk menaiki tanjakan tersebut karena kampas kopling dan dekrupnya yang mulai bermasalah.

7. Bergetar Pada Saat Bawa Beban

Kopling dan dekrup yang sudah rusak biasanya akan menimbulkan getaran yang hebat pada angkatan pertama dengan muatan berat.

Hal ini di karenakan kampas kopling atau dekrup yang sudah aus, sehingga mobil terasa sangat bergetar hebat saat ada beban berat.

Kesimpulan…

Jangan mengganti kopling dengan kualiatas rendah, nomor 2 atau yang di sebut dengan kualitas KW. Gantilah kampas kopling berikut dengan komponen yang berhubungan dengan kopling seperti dekrup atau matahari.

Jika anda mengganti setengah-setengah seperti mengganti mataharinya saja atau kampas koplingnya saja, maka bisa di pastikan anda akan mengeluarkan biaya ekstra untuk biaya montir.

Mengapa? karena turun kopling itu tidak gampang alias banyak membuka baut dan menurunkan sebagian gearbox atau perseneling. So, gantilah komponen kopling dengan baik dan bijaksana dan tidak setengah-setengah agar anda dapat mengemudi dengan aman dan nyaman. (Done)

Tags: #bearing kopling #dekrup kopling #gigi kopling #kampas kopling #kopling jebol #kopling keras #kopling nyeplos #kopling ringan #kopling rusak #laher kopling #masalah kopling #master kopling bawah #master kopling rusak #matahari kopling #mater kopling atas #minyak kopling #pelumas kopling #tali kopling

6 Ciri-Ciri Oli Mesin Mobil Palsu Yang Sebaiknya Diketahui
6 Ciri-Ciri Oli Mesin Mobil Palsu Yang Sebaiknya Diketahui
Akhir-akhir ini ada informasi di media tentang
Tanda-Tanda Penggunaan Oli Mesin Mobil Yang Salah
Tanda-Tanda Penggunaan Oli Mesin Mobil Yang Salah
Tugas oli mesin mobil adalah menjaga semua
7 Benda Yang Harus Disimpan Dalam Mobil Untuk Keadaan Darurat
7 Benda Yang Harus Disimpan Dalam Mobil Untuk Keadaan Darurat
Selalu merupakan ide yang baik untuk bersiap
Cara Memilih Wax Mobil Terbaik dan Mudah Diaplikasikan
Cara Memilih Wax Mobil Terbaik dan Mudah Diaplikasikan
Sebelum kita membahas jenis-jenis wax, kita harus

Tinggalkan pesan "Tips Mendeteksi Dan Mengetahui Kopling Mobil Rusak Tidak Layak Pakai"


Top